Perbedaan Pengertian Profesional Dan Profesi

Dalam dunia kerja, tentu tentu sangat mengenal dengan pengertian profesional, serta profesi. Kedua kata tersebut memang sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah pekerjaan. Pekerjaan memang sangat diperlukan bagi semua orang untuk menyambung hidup mereka. Dalam pengertiannya, pekerjaan merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan upah atau gaji. Namun, banyak yang mengatakan pekerjaan sama dengan profesi. Faktanya, profesi ialah bagian dari pekerjaan. Profesi merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan tertentu, misal akuntan, teknisi serta dokter. Mereka semua adalah yang termasuk dalam profesi. Sedangkan pekerjaan, ialah aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua orang yang berpengalaman, misal staf administrasi, karyawan bank serta manejer perusahaan.

Dalam dunia pekerjaan, selain istilah pekerjaan dan profesi ada juga istilah profesional. Istilah profesional ini memiliki beberapa versi untuk dimengerti dan dipahami. Secara umum, profesional merupakan seseorang yang memiliki sebuah jabatan dalam sebuah pekerjaan dengan memiliki kemampuan atau kecakapan yang tinggi yang dikategorikan sebagai ahli. Profesional juga berpengaruh terhadap penampilan seseorang di dalam melakukan pekerjaannya. Menurut beberapa ahli, pengertian profesional ialah sebuah pekerjaan yang membutuhkan tingkat pendidikan lanjut dalam ilmu pengetahuan serta teknologi yang digunakan sebagai dasar untuk diaplikasikan ke dalam pekerjaan yang dilakukan. Secara bahasa, profesional memiliki arti sebagai orang yang memiliki sebuah profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan mengandalkan kemampuan yang tinggi dalam pekerjaan tersebut atau seseorang yang hidup dengan mempraktekkan segala keahlian yang dimilikinya dengan melibatkan sebuah aktivitas tertentu menurut keahliannya. Di sisi lain, orang yang melakukan keahlian yang sama hanya sekedar hobi atau kesenangan atau hanya ingin melakukan aktivitas saja. Sebagai contoh, ada yang bekerja sebagai penulis, namun ada juga yang hobi menulis namun hanya untuk hobi semata. Penulis ini bisa dikategorikan sebagai profesional dalam sebuah pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa ciri yang membedakan profesional dengan profesi.

Profesi:

  1. Dilakukan dengan melibatkan kepribadian yang dalam
  2. Dilakukan sebagai kegiatan utama atau sering disebut juga purna waktu
  3. Dilakukan karena untuk mencari sumber penghasilan hidup
  4. Dilakukan dengan mengandalkan suatu ketrampilan tertentu

Profesional:

  1. Manusia yang tahu akan kemampuan yang dimilikinya
  2. Menghabiskan seluruh waktunya hanya untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan tersebut
  3. Biasanya sumber penghidupannya dari pekerjaan tersebut
  4. Si pekerja akan bangga dengan pekerjaan yang dilakukan

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita ketahui ternyata pengertian profesional dan profesi memiliki perbedaan. Bila disimpulkan, seorang profesional ini mempunyai sebuah pola pikir tertentu yang diaplikasikan dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sebagai sumber penghidupannya. Bila tingkat profesional semakin tinggi, tentu akan membuat kualitas masyarakatnya semakin tinggi pula.

Related Post to Perbedaan Pengertian Profesional Dan Profesi