Pentingnya Mengenal Pengertian Mikrotik

Saat ini, perkembangan teknologi informasi sedang berkembang dengan pesatnya. Perkembangan tersebut pun tidak terlepas dari adanya perkembangan infrastruktur jaringan komputer karena teknologi informasi akan selalu didukung oleh infrastruktur pendukungnya, seperti infrastruktur jaringan komputer. Jika dibandingkan dengan proxy, bahasan tentang mikrotik sebagai salah satu infrastruktur jaringan komputer lebih tidak terlalu akrab dalam bahasan kita sehari-hari. Untuk itu, cermati pengertian mikrotik berikut ini. Secara umum, mikrotik adalah sistem operasi termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router.

Pengertian Mikrotik Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Mikrotik atau yang lebih akrab kita kenal sebagai router, tentu memiliki fungsi serta kelebihannya masing-masing. Sebagai pelengkap pendukung dalam perkembangan teknologi informasi, ada baiknya kita mengetahui fungsi dari mikrotik ini. Sesuai dengan pengertian mikrotik yang mengibaratkan mikrotik sebagai jantung network, fungsi dari mikrotik ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan lokal, dan lainnya.
  1. Selain pengertian mikrotik dan fungsinya, kelebihan dari adanya mikrotik pun patut untuk anda ketahui. Pertama, mikrotik memiliki sebuah Operating System dan apabila dibangun dengan Core Linux menyebabkan produk Router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya seperti Cisco. Kedua, dari segi pengoperasiannya Mikrotik tergolong bersahabat dengan software winbox yang merupakan tempat setting administratornya. Nah, pengertian ini tentu akan menambah wawasan Anda. Kemudian, apa saja yang akan Anda ketahui mengenai mikrotik? Tentu Anda sangat penasaran bukan dengan bagaimana mikrotik bekerja?
  2. Kemudian, pasti terlintas di benak anda mengapa kita perlu memahami pengertian mikrotik itu sendiri beserta dengan fungsi dan kelebihannya. Selain untuk memenuhi kebutuhan informasi, khususnya terkait dengan perkembangan teknologi informasi, informasi tentang mikrotik ini juga diperlukan karena mikrotik adalah router yang handal yang dapat memberikan kelebihan pada sistem jaringan yang anda miliki. Dengan menggunakan mikrotik yang tepat maka jaringan yang anda miliki akan menjadi lebih stabil. Jika anda memiliki usaha di bidang teknologi informasi, warnet misalnya, tentu anda diharuskan memiliki pengetahuan tentang mikrotik itu sendiri. Sebagai pemilik usaha di bidang teknologi informasi, penggunaan mikrotik sebagai router menghasilkan kepuasan bagi pemiliki usaha tersebut. Terlebih kemajuan dunia wireless lebih menjanjikan dalam memberikan pelayanan yang lebih unggul dibandingkan sebelum menggunakan mikrotik ini.

Related Post to Pentingnya Mengenal Pengertian Mikrotik