Pengertian WWW, Sejarah Penemuan dan Fungsinya

Para pengguna internet pasti tidak asing dengan rangkaian huruf WWW. Rangkaian huruf WWW merupakan rangkaian huruf yang selalu digunakan di setiap bagian depan dari sebuah alamat domain halaman website atau blog.

Meskipun hampir semua orang pernah menggunakan rangkaian huruf WWW dalam jaringan internet, akan tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui apa itu WWW beserta dengan kegunaannya. Kebanyakan orang hanya menggunakannya tanpa peduli mengenai pengertian, kegunaan, mapun sejarahnya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai informasi mengenai WWW, kali ini kami ingin berbagi sedikit informasi tentang rangkaian huruf yang selalu digunakan di alamat website ini.

Pengertian WWW

Pada dasarnya WWW merupakan singkatan dari frasa kata World Wide Web. Jika dipenggal dan diartikan per satu kata, maka world berarti dunia, Wide berarti berukuran besar ataupun raksasa, dan Web merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan data maupun dokumen ke jaringan internet. Maka dari itu, jika WWW diartikan dari rangkaian kata ini, maka WWW dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data ke jaringan internet berskala besar yang ada di seluruh penjuru dunia.

Jika diartikan secara lengkap maka pengertian WWW adalah sebuah program yang sengaja dibuat sebagai media untuk mengarsipkan seluruh dokumen yang terdapat di jaringan internet. Dengan menggunakan program ini, seluruh dokumen yang ada di internet menjadi tersusun lebih rapi sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pengguna jaringan internet.

Sejarah Penemuan WWW

WWW pertama kali ditemukan pada Tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Pada dasarnya Lee merancang WWW hanya untuk mempermudah penyusunan arsip yang dimilikinya. Lee memberik nama program ini dengan sebutan “Equire”. Seiring berjalannya waktu, program ini terus berkembang dan hingga saat ini telah digunakan sebagai sebuah program penyusun arsip dokumen internet di seluruh dunia.

Ketika pertama kali dikenalkan ke publik pada Tahun 1995, WWW benar-benar menjadi perhatian publik di dunia internet. Program ini digunakan untuk menggantikan FTP yang sudah sejak lama digunakan sebagai pengatur lalu lintas trafick jaringan internet. Program WWW yang dibangun dari “Equire” temuan Lee ini benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru yang mana pada waktu itu belum pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang.

Fungsi World Wide Web

Word Wide Web berfungsi sebagai program yang bertugas sebagai pengatur, penyedia, serta penampil dari setiap data dan informasi yang ada di jaringan internet. Kehadiran program WWW membuat semua proses transfer data di jaringan internet menjadi berjalan dengan lebih cepat dan lebih teratur.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian www dan fungsinya yang dapat kami samapikan kali ini. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai dunia internet.

Related Post to Pengertian WWW, Sejarah Penemuan dan Fungsinya