Pengertian Wiraswasta dan Unsur Penting yang Melekat di Dalamnya

Istilah wiraswasta sering kali kita gunakan dalam percakapan sehari – hari untuk menggambarkan orang yang menjalankan usaha sendiri. Wiraswasta biasanya dipakai sebagai kata ganti pengusaha, wirausaha, ataupun pebisnis.

Seorang wiraswasta biasanya memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang – orang kebanyakan. Tidak hanya itu, seorang wiraswasta juga cenderung jauh lebih berani menghadapi segala resiko dan jauh lebih terampil dalam hal melihat peluang yang dapat dimasuki ataupun dijadikan sebagai lahan menjalankan usaha.

Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

Pada dasarnya, pengertian wiraswasta adalah orang yang berani mengambil resiko untuk menjalankan kegiatan usaha secara mandiri dengan berbekal pengetahuan, mental, keterampilan, dan juga kewaspadaan yang memadai.

  1. Sumahawijaya (1980)

Menurut Sumahawijaya, wiraswasta mengandung sifat pemberani, keutamaan, teladan, dan semangat yang berasal dari kekuatan diri sendiri.

  1. Suhadi (1985)

Menurut Suhadi, wiraswasta memuat sejumlah karakteristik seperti rasa percaya diri yang tinggi, memiliki pandangan yang luas ke depan, ulet dalam segi mental, dan lincah dalam berusaha.

  1. Suryo (1986)

Menurut Suryo, pengertian wiraswasta adalah orang yang mempunyai sifat mandiri, berpandangan jauh ke depan, kreatif, inovatif, tangguh & berani menanggung resiko yang mungkin timbul dalam upaya pengelolaan usaha dan berbagai macam kegiatan yang dapat mendatangkan keberhasilan.

Unsur Penting yang Ada dalam Wiraswasta

Untuk bisa menjadi seorang wiraswasta yang sukses, seseorang setidaknya harus memiliki tiga unsur penting berikut ini :

  1. Unsur Pengetahuan

Seorang wiraswasta harus memiliki pengetahuan di bidang usaha yang dijalaninya. Tanpa pengetahuan yang cukup, seorang wiraswasta akan sangat sulit untuk menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya. Tingkat pengetahuan sendiri biasanya berkaitan erat dengan tingkat pendidikan yang pernah dienyam sebelumnya.

  1. Unsur Keterampilan

Selain harus memiliki pengetahuan, seorang wiraswasta juga harus memiliki keterampilan. Meskipun memiliki  pengetahuan yang cukup, tanpa keterampilan yang tepat, seorang wiraswasta tidak akan bisa sukses dalam menjalankan usaha yang dimilikinya. Tingkat keterampilan biasanya akan berbanding lurus dengan pengalaman yang pernah dilaluinya. Semakin banyak pengalaman yang pernah dilalui, maka kemungkinan besar tingkat keterampilan yang dimiliki juga akan semakin tinggi.

  1. Unsur Kewaspadaan

Unsur terakhir yang juga sangat penting untuk dimiliki seorang wiraswasta adalah unsur kewaspadaan. Unsur kewaspadaan sangat dibutuhkan agar usaha yang dijalani tidak mengalami berbagai macam kendala. Untuk bisa waspada, seorang wiraswasta harus bisa memadukan pengetahuan, kematangan mental dan juga keterampilan yang dimilikinya. Kewaspadaan biasanya sangat berkaitan dengan pemikiran dan juga susunan rencana yang akan dilakukan ataupun yang kemungkinan akan dialami di masa – masa mendatang.

Itulah beberapa pengertian wiraswasta beserta dengan unsur – unsur penting yang melekat di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Wiraswasta dan Unsur Penting yang Melekat di Dalamnya