Pengertian Westernisasi dan Pola Penyebarannya

Dalam kehidupan di dunia, negara-negara biasanya dibagi menjadi dua bagian yaitu negara bagian timur dan negara bagian barat. Kedua kelompok negara ini memiliki budaya dan juga pola hidup yang jauh berbeda. Perbedaan budaya antara keduanya tercermin dari gaya hidup, gaya kepemimpinan, agama dan sistem kepercayaan yang dianut, sistem ekonomi dan pemerintahan, hingga penggunaan bahasa.

Meskipun pada dasarnya dua belahan dunia ini berbeda, akan tetapi sering kali salah satu pihak ingin mempengaruhi pihak lainnya. Westernisasi misalnya, merupakan upaya pengaruh pihak barat terhadap pihak timur. Pihak barat mencoba untuk menanamkan pola pikir dan budaya mereka ke pihak timur sehingga budaya mereka dapat dianut di seluruh dunia.

Definisi dan Pengertian Westernisasi

Kata westernisasi pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu western yang artinya orang barat yang digabung dengan imbuhan bahasa Indonesia yaitu imbuhan – sasi yang artinya perilaku untuk mempengaruhi seseorang. Jika kata westernisasi diartikan dari arti katanya, maka westernisasi adalah upaya yang dilakukan untuk membuat seseorang meniru gaya hidup ataupun pola pikir orang-orang barat.

Jika diartikan secara lengkap, pengertian westernisasi adalah sebuah proses berupa upaya yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mempengaruhi kehidupan masyarakat sehingga masyarakat meniru pola hidup, pola pemerintahan, sistem ekonomi, bahasa, agama, nilai-nilai kehidupan, gaya politik, sistem industri, sistem hukum dan bidang industri yang berlaku di negara-negara barat.

Pola dan Media Penyebaran Westernisasi

Dalam melancarkan aksi westernisasi biasanya digunakan berbagai macam media dan juga pola penyebaran baik melalui media hiburan, media informasi dan komunikasi, dunia teknologi, atau bahkan melalui media pemegang kekuasaan.

Perkembangan teknologi yang terjadi pada saat ini membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah tersebar. Di satu sisi, perkembangan teknologi ini memang berdampak positif, akan tetapi di sisi lainnya, perkembangan teknologi ini juga menjadi bumerang bagi budaya dan kearifan lokal yang ada di negara-negara asia. Melalui berbagai macam teknologi di bidang informasi, komunikasi, dan juga media hiburan, orang-orang barat telah melakukan transfer budaya barat ke seluruh penjuru wilayah yang ada di dunia tanpa disadari secara langsung oleh orang-orang yang dipengaruhinya. Gaya berpakaian, pola pemerintahan, gaya makan, bahasa, gaya hidup, dan berbagai macam elemen budaya lainnya dapat dengan mudah mereka sebarkan melalui film ataupun media informasi seperti berita dan juga media internet.

Selain dilaksanakan melalui beberapa media di atas, di beberapa negara seperti Jepang, Afghanistan dan China, aktivitas westernisasi juga pernah dilakukan melalui doktrin para pemimpin yang sedang memegang kekuasaan di negara tersebut. Di Jepang misalnya, di masa ke kaisaran Meiji, Pangeran Yorihito Higashifushimi yang merupakan salah satu pemimpin negara pada waktu itu tengah menjalankan mempraktikkan westernisasi di negaranya melalui gaya berpakaian. Contoh lainnya adalah di Negara Afghanistan. Di Tahun 1920-an Raja Amanullah Khan yang merupakan pemimpin tertinggi Afghanistan pada waktu itu juga pernah berupaya untuk melakukan westernisasi negara yang dipimpinnya.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian westernisasi beserta pola penyebarannya yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Westernisasi dan Pola Penyebarannya