Pengertian Web Browser dan Beberapa Contoh Web Browser Populer

Setiap pengguna komputer yang terhubung ke jaringan internet pasti pernah menggunakan web browser. Untuk bisa  terhubung ataupun membuka halaman situs yang ada di jaringan internet, setiap orang membutuhkan program web browser. Program web browser pada dasarnya telah disediakan ataupun diinstal di dalam setiap sistem operasi komputer. Meskipun begitu, kebanyakan pengguna perangkat komputer biasanya selalu menginstal program web browser lainnya yang lebih mereka sukai. Beberapa program web browser populer yang paling banyak digunakan yaitu Google Crome, Mozilla Firefox, Safari Browser, Opera browser dan Internet Explorer.

Pengertian Web Browser Dilihat dari Arti Kata dan Fungsinya

Jika ditinjau dari frasa katanya, web browser terdiri atas dua kata berbahasa Inggris yaitu kata’web’ dan kata ‘browser’. Arti dari kedua kata ini yaitu : web merupakan singkatan dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan browser dapat diartikan sebagai media penjelajah. Dari kedua arti kata ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa web browser merupakan alat penjelajah halaman situs website.

Jika ditinjau dari fungsinya sendiri, pengertian web browser adalah sebuah program yang berfungsi sebagai media untuk membuka berbagai macam halaman situs yang ada di jaringan internet.

Beberapa Contoh Web Browser Populer

  1. Google Crome

Google Crome merupakan sebuah program browser yang dibangun oleh perusahaan raksasa Google. Browser ini merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tampilan yang minimalis, disertai dengan loading program yang cepat membuat browser ini disukai oleh para pengguna jaringan internet.

  1. Mozilla Firefox

Sebelum Google Crome terkenal dan merajai dunia web browser, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet. Berbeda dengan Google Crome yang dimiliki dan dikuasai oleh satu perusahaan, Mozilla Firefox merupakan program open source yang pengembangannya diserahkan oleh publik pecinta jaringan internet.

  1. Safari Browser

Safari Browser merupakan browser standar bawaan pabrikan Apple. Browser ini terbilang cukup sukses dan banyak juga digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

  1. Opera Browser

Browser populer yang selanjutnya adalah opera browser. Program web browser Opera dibuat dan dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan Opera Software. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna dari seluruh belahan dunia.

Itulah pengertian web browser dan beberapa contoh web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna layanan internet. Hingga saat ini ada banyak sekali program-program web browser yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk web browser di perangkat komputer ataupun gadget Anda.

Related Post to Pengertian Web Browser dan Beberapa Contoh Web Browser Populer