Pengertian Teknologi Informasi

Dewasa ini, diperlukan berbagai macam kajian ilmu serta prakteknya demi mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Termasuk dengan adanya teknologi informasi, sebuah istilah yang memang sudah akrab dengan telinga kita namun mungkin banyak di antara anda yang belum mengetahui secara pasti apa arti dari teknologi informasi itu sendiri. Menurut  Information Technology Association of Amerika, pengertian teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan,  atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Beberapa Pengertian Teknologi Informasi dan Manfaatnya

Dikarenakan pentingnya teknologi informasi saat ini, pemahaman akan pengertian teknologi informasi menjadi sesuatu yang penting guna mempelajari teknologi informasi lebih detail. Beberapa pengertian yang diungkapkan oleh ahli teknologi informasi adalah sebagai berikut: (1) Menurut Haaq dan Keen, teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan  dengan pemrosesan informasi; (2) Menurut Kamus Besar Oxford, teknologi informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, ataupun gambar.

Dari beberapa pengertian teknologi informasi tersebut pun, dapat dilihat manfaat dari adanya teknologi informasi. Keberadaan suatu teknologi terbaru, khususnya di dalam bidang informasi tentu diharapkan mendatangkan berbagai macam manfaat. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang teknologi baru tersebut dapat diibaratkan sebagai dua sisi mata uang yang berbeda, satu sisi mendatangkan manfaat namun di sisi lain mendatangkan sejumlah manfaat negatif atau dampak yang tak diinginkan. Namun, yang harus kita perhatikan pada ulasan kali ini adalah manfaat positif dari teknologi informasi. Manfaat yang ditimbulkan dari adanya hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi teknologi informasi sebagai penangkap (capture)
  2. Fungsi teknologi informasi sebagai pengolah (processing)
  3. Fungsi teknologi informasi sebagai Penghasil (generating)
  4. Fungsi teknologi informasi sebagai Penyimpan (storage)
  5. Fungsi teknologi informasi sebagai Pencari Kembali (retrifal)
  6. Fungsi teknologi informasi sebagai Transmisi (transmission)

Melihat begitu banyaknya manfaat yang ditimbulkan oleh teknologi informasi membuat kita sadar akan pentingnya hal tersebut di era globalisasi dan serba teknologi seperti saat ini. Untuk mengetahui lebih dalam tentang teknologi informasi, kita dapat menelaah lebih jauh dari pengertian teknologi informasi itu sendiri karena di dalam pengertian tersebut telah terkandung makna dari teknologi informasi, sehingga apabila kita sebagai pihak awam yang belum mengerti tentang teknologi informasi, kita dapat mengerti. Di dalam pengertian tersebut, terdapat beberapa kata kunci yang dapat dijadikan referensi untuk menelaah lebih lanjuh, seperti alat untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk.

Related Post to Pengertian Teknologi Informasi