Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur

Berbicara struktur sosial maka tidak dapat terlepas dari masalah kehidupan di lingkungan masyarakat. Manusia pada dasarnya diciptakan sebagai individu yang berbeda antara satu dengan lainnya. Akan tetapi, setiap manusia pasti membutuhkan kehadiran orang lain di sekelilingnya, sehingga pada akhirnya manusia membentuk kelompok-kelompok masyarakat/sosial.

Dalam kehidupan, ketimpangan kekuasaan merupakan hal biasa yang sering terjadi. Sebagian golongan kelompok masyarakat biasanya akan lebih mendominasi sebagai kelompok masyarakat lainnya. Ketimpangan dan dominasi ini tidak lain disebabkan oleh perbedaan kemampuan dan juga pengelolaan sumber daya yang dimiliki satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya.

Apa yang membuat ataupun menciptakan perbedaan kemampuan ini? Jawabannya adalah struktur sosial. Lantas apa sih sebenarnya struktur sosial itu? Dan apa sih kegunaan dari struktur sosial yang ada di lingkungan masyarakat?

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa definisi struktur sosial menurut pendapat para ahli :

  1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial merupakan organisasi yang terkait dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan sosial aktual di masyarakat.

  1. Raymond Firth

Menurut Raymond Firth, struktur sosial adalah suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang mencakup berbagai macam kelompok yang terdiri dari banyak orang, dan turut meliputi berbagai macam lembaga yang di dalamnya ada banyak individu yang ikut dalam proses pengelolaannya.

  1. Borgotta

Menurut Borgotta, struktur sosial merupakan lingkungan sosial bersama yang tidak dapat diubah oleh satu orang individu, yang menyediakan lingkungan untuk setiap tindakan individu di sekitarnya.

  1. Coleman

Menurut Coleman, struktur sosial dapat diartikan sebagai pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia

  1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, pengertian struktur sosial adalah kerangka yang bisa memberikan gambaran keterkaitan berbagai unsur yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Fungsi Struktur Sosial

Fungsi struktur sosial secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Struktur sosial sebagai instrumen masyarakat yang berperan sebagai penyelenggara dalam penataan kehidupan secara menyeluruh dalam setiap aspek kehidupan.
  2. Struktur sosial berfungsi sebagai rantai sistem yang menghubungkan setiap aspek yang ada dalam kehidupan sehingga kehidupan terasa lebih harmonis dan juga teratur.
  3. Struktur sosial berfungsi sebagai ciri ataupun karakteristik dari suatu kelompok masyarakat. Dalam hal ini, struktur sosial membuat sekelompok masyarakat menjadi terlihat khas dan berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya.
  4. Struktur sosial berfungsi sebagai pengawas sosial. Artinya, struktur sosial berlaku sebagai antisipator terjadinya berbagai macam pelanggaran nilai, norma dan peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat tersebut.
  5. Struktur sosial digunakan sebagai dasar penanaman disiplin untuk setiap individu yang ada dalam suatu kelompok masyarakat.

Itulah beberapa pengertian struktur sosial beserta beberapa fungsi dari struktur sosial untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur