Pengertian Slogan dan Contohnya

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah slogan bukan? Anda bisa menemuinya di berbagai tempat umum misalnya. Pengertian slogan yaitu slogan dapat diartikan sebagai serangkaian kata-kata atau kalimat yang relative pendek yang umumnya sangat menarik dan mudah untuk diingat oleh orang banyak. Slogan digunakan untuk memberitahukan atau menyampaikan informasi. Kalimat dalam slogan merupakan kalimat yang menarik, mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan sesuatu ideologi dari sebuah organisasi, golongan, partai politik dan sebagainya. Slogan berbentuk kalimat yang pendek dan menarik agar bisa melekat pada setiap ingatan orang. Kalimat slogan harus singkat agar mudah diingat oleh orang-orang. Slogan biasa disajikan dalam bentuk frasa, kalusa atau kalimat.

Pengertian Slogan Ciri-cirinya

Slogan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan istilah lain. Ciri-ciri slogan yaitu umunya slogan merupakan sebuah perkataan yang menarik dan mudah diingat oleh setiap orang. Slogan juga dapat berupa motto atau frase yang menggunakan kalimat yang mudah melekat di pemikiran orang. Selain itu pengertian slogan ciri-cirinya yaitu bahwa slogan juga bisa berupa semboyan dari sebuah organisasi atau masyarakat. slogan memiliki pengertian sebagai sebuah motto atau frase yang dipakai dalam berbagai macam konteks, contohnya seperti politik, sosial, agama, komersial dan lainnya dan penggunaan slogan yaitu sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan dari organisasi tertentu.

Setelah melihat pengertian slogan, maka pembuatan slogan tentu ada maksud dan tujuan tertentu dan berikut beberapa tujuan dari slogan. Yang pertama yaitu slogan bertujuan untuk menyampaikan informasi, informasi yang disampaikan terwakili oleh kalimat pendek dari slogan dan masyarakat bisa menyimpulkan pesan atau informasi apa yang terkandung dari kalimat slogan tersebut. Yang kedua slogan bertujuan untuk mempengaruhi orang lain melalui informasi yang disampaikan. Tujuan slogan yang ketiga yaitu menghimbau orang lain agar melakukan apa yang menjadi tujuan kalimat slogan. Selanjutnya untuk memotivasi orang lain dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh kalimat slogan dan yang terakhir untuk menyadarkan masyarakat.

Slogan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya slogan kesehatan, slogan pendidikan, slogan kebersihan, slogan lingkungan dan lain sebagainya. Sebagai contoh slogan pendidikan misalnya “Guru Berkesan, Pendidikan Cemerlang”. Slogan pendidikan biasanya diletakkan di lingkungan pendidikan seperti sekolah. Jika anda pergi ke taman, pasti anda melihat beberapa slogan yang tertulis disana, misalnya slogan “Hijaulah Alamku, Lestarilah Lingkunganku”. Dilihat dari pengertian slogan bahwa slogan mengandung informasi tertentu yang bisa mempengaruhi orang lain. Jika contohnya adalah slogan lingkungan, maka tujuan dibuatnya slogan ini yaitu agar masyarakat sadar akan pentingnya kehijauan dan masyarakat bisa menjaga kelestarian alam. Setiap slogan memiliki arti dan makna masing-masing dan ditempatkan di lokasi yang sesuai.

Related Post to Pengertian Slogan dan Contohnya