Pengertian Search Engine dan Beberapa Contohnya

Siapa yang tidak mengenal Google? Hampir seluruh orang yang ada di Dunia ini pasti mengenal perusahaan yang satu ini. Google memang merupakan salah satu perusahaan search engine yang paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna internet di dunia. Popularitas google yang sangat besar ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki oleh search engine buatan Larry Page dan Sergey Brin ini.

Setiap orang yang menggunakan jaringan internet pasti sudah pernah menggunakan fasilitas search engine, akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau yang mereka gunakan adalah produk search engine. Lantas apa sih sebenarnya search engine itu?

Pengertian Search Engine Dilihat dari Fungsinya

Search engine berasal dari dua kata berbahasa Inggris yaitu ‘Search’ dan ‘Engine’. Jika diartikan per kata maka Search dapat diartikan sebagai pencarian, sedangkan Engine dapat diartikan sebagai sebuah mesin. Maka dari itu, jika diartikan melalui frasa katanya, maka search engine dapat diartikan sebagai mesin pencarian.

Jika dikaji dari fungsinya, maka pengertian search engine dapat dibilang sebagai sebuah program yang berfungsi sebagai media untuk mendapatkan informasi yang tepat dan juga akurat yang dibutuhkan ataupun dicari oleh pengguna internet dengan menggunakan kata kunci ataupun frasa kata tertentu.

Contoh Search Engine Populer

  1. Google

Google merupakan perusahaan penyedia layanan search engine yang paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna jaringan internet di dunia. Nama Google diambil dari kata gogol yang artinya adalah merujuk kepada sebuah bilangan yang tidak terhingga satuannya.

Sejak pertama kali dirilis ke publik, Google telah berhasil menarik perhatian para pengguna internet. Kelebihan Google pada saat itu adalah berupa kemampuan rating hasil pencarian yang diurutkan berdasarkan informasi yang paling terkait dengan apa yang dicari oleh pengguna internet.

  1. Yahoo

Yahoo merupakan perusahaan search engine terpopuler kedua yang ada di dunia. Search engine ini dimiliki oleh perusahaan asal California, Amerika serikat, yaitu perusahaan Yahoo!Inc. Search engine Yahoo tidak hanya menyediakan fasilitas mesin pencarian, tetapi juga menyediakan layanan email gratis.

  1. Bing

Bing merupakan salah satu produk search engine yang sepenuhnya dimiliki oleh Microsoft Corporation. Search engine ini pada dasarnya merupakan generasi penerus dari beberapa search engine milik Microsoft yang terlebih dahulu gagal seperti Live Search, Windows Live Search, dan juga MSN Search.

  1. Altavista

Altavista merupakan program search engine yang juga dimiliki oleh Yahoo. Dibandingkan ketiga seach engine lainnya, Altavista memang tidak begitu populer, terutama di luar Negara Amerika Serikat yang merupakan negara kelahirannya.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian search engine dan beberapa contoh search engine yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Search Engine dan Beberapa Contohnya