Pengertian Rehabilitasi dan Kegunaannya

Sekarang ini sudah sangat banyak artikel yang membahas mengenai pengertian rehabilitasi baik itu secara umum maupun menurut para ahli. Rehabilitasi sendiri ada banyak sekali macamnya, yaitu rehabilitasi fisik atau media, rehabilitasi mental, dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara umum rehabilitasi sendiri adalah suatu proses perbaikan atau penyembuhan dari kondisi yang tidak normal menjadi normal, ataupun merupakan pelatihan untuk menghadapi kondisi yang mungkin sudah tidak bisa dikembalikan menjadi normal seperti contohnya kondisi cacat dan lain sebagainya. Kegunaan rehabilitasi sendiri adalah untuk mengembalikan kondisi seperti awalnya dan juga untuk melatih manusia untuk melakukan suatu tindakan secara normal dengan kondisi fisik yang sudah tidak normal.

Pengertian Rehabilitasi Dan Fungsinya

Ada beberapa jenis rehabilitasi yang dapat dijabarkan, seperti misalnya rehabilitasi fisik. Rehabilitasi fisik berarti melatih fisik kembali ke kondisi awal ataupun melatih fisik menyesuaikan dengan kondisi fisik sekarang. Contohnya bagi orang yang mengalami kecelakaan dan harus melakukan operasi seperti gips ataupun memasang pen, maka diperlukan rehabilitasi anggota tubuh yang dioperasi supaya dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Namun ada juga contoh orang yang mengalami kecelakaan dan kemudian salah satu anggota tubuh harus diamputasi, maka akan dilakukan rehabilitasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi fisik yang mana salah satu anggota tubuh telah hilang. Dalam hal ini jelas rehabilitasi berfungsi untuk membantu mengembalikan kondisi fisik kembali normal.

Selain itu ada juga rehabilitasi mental yang mana dapat diartikan sebagai suatu upaya perbaikan kejiwaan dari seseorang yang mungkin mengalami gangguan karena adanya permasalahan yang sangat berat dan mempengaruhi sistem kerja otak dari manusia tersebut. Pengertian rehabilitasi mental sendiri dapat diartikan sebagai pengobatan orang-orang yang otaknya terganggu karena adanya permasalahan yang sangat berat dan mempengaruhi mental dari orang tersebut. Rehabilitasi mental sendiri sering kita dengar terdapat di rumah sakit jiwa, karena rumah sakit jiwa sendiri bertujuan untuk mengobati orang-orang yang mengalami gangguan mental dan otaknya sudah tidak dapat bekerja dengan normal dan sebagaimana mestinya.

Ada juga yang sekarang sedang sangat populer adalah rehabilitasi narkoba, hal ini dikarenakan semakin maraknya orang ataupun masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi obat narkotika yang sebenarnya sangat dapat merusak sistem kerja otak dan juga merusak tubuh secara keseluruhan. Adapun rehabilitasi narkoba sendiri merupakan suatu upaya untuk mengembalikan para pengguna narkoba untuk dapat terbebas dari jerat narkoba. Seperti kita ketahui bersama efek samping dari konsumsi narkoba adalah kecanduan terhadap narkoba, sehingga fungsi dari rehabilitasi narkoba adalah untuk menyembuhkan efek kecanduan narkoba dari para pengguna narkoba tersebut. Demikian beberapa pengertian rehabilitasi yang dapat kami informasikan kepada anda, semoga bermanfaat.

Related Post to Pengertian Rehabilitasi dan Kegunaannya