Pengertian Puskesmas beserta Fungsi dan Kegiatannya

Berbicara mengenai Puskesmas maka tidak akan jauh-jauh dari masalah kesehatan. Puskesmas pada dasarnya merupakan singkatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat. Jika diartikan secara bahasa, Puskesmas merupakan sebuah lembaga yang berguna untuk mendukung dan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Ada beberapa definisi menganai puskesmas baik dari Departemen Kesehatan maupun dari berbagai ahli.

Menurut Departemen Kesehatan (2009), Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan pada perorangan.

Masih menurut Departemen Kesehatan (2011), Pukesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.

Menurut Azrul Azwar (1996), pengertian Puskesmas yaitu suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh terpadu yang berkesinambungan pada suatu masyarakat yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Fungsi Puskesmas

Seperti halnya yang telah disampaikan pada uraian di atas, Puskesmas memiliki fungsi berupa pemberi layanan kesehatan untuk masyarakat. Dengan kehadiran Puskesmas di berbagai daerah, diharapkan lingkungan dan perilaku hidup sehat masyarakat di sekitar Puskesmas dapat lebih baik lagi.

Jika dirinci secara lebih mendalam, maka fungsi Puskesmas adalah sebagai berikut :

  • Puskesmas sebagai inti dari pembangunan kesehatan masyarakat di sekitar daerah operasionalnya.

Pada fungsi ini, puskesmas berguna sebagai lembaga yang berguna membantu masyarakat yang ada di sekitar wilayah kerjanya dalam proses membangun kehidupan yang lebih sehat lagi. Puskesmas berguna sebagai pusat dan sumber masyarakat untuk mempelajari dan mengamalkan kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat lagi.

  • Puskesmas sebagai pembina masyarakat dalam membangun kehidupan yang lebih sehat

Dalam hal ini, Puskesmas memiliki fungsi sebagai lembaga yang berperan aktif memberikan bimbingan dan binaan terhadap masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kerjanya dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat sekitar. Para pegawai puskesmas memiliki kewajiban memberikan pengajaran tentang kehidupan yang lebih sehat kepada masyarakat sekitar wilayah kerjanya.

  • Puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan di sekitar daerah operasionalnya

Pada fungsi yang ketiga ini, Puskesmas ditugaskan sebagai lembaga yang melayani masyarakat dalam hal kesehatan. Masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan dapat mengunjungi Puskesmas untuk dilakukan pengobatan.

Itulah sedikit gambaran mengenai pengertian Puskesmas beserta fungsinya yang dapat kami bagikan untuk Anda. semoga dengan membaca tulisan ini, Anda dapat lebih memahami mengenai Puskesmas beserta dengan kegunaan-kegunaannya.

Related Post to Pengertian Puskesmas beserta Fungsi dan Kegiatannya