Pengertian Psikologi Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah proses belajar menuju kehidupan yang lebih baik. Pendidikan pada dasarnya dapat dilangsungkan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, baik secara otodidak dari lingkungannya, maupun diajarkan oleh orang lain yang terlebih dahulu telah mengetahui apa yang sedang dipelajari tersebut. Pada cara yang pertama, proses pendidikan dilakukan seorang diri dengan memperhatikan berbagai kejadian yang ada di alam sekitar, sedangkan pada cara yang kedua, pendidikan ditularkan oleh seorang ahli (yang biasa disebut guru) kepada muridnya.

Ketika proses belajar dilakukan seorang diri, maka psikologi pendidikan tidak begitu dipentingkan, namun ketika pendidikan ditularkan dari seorang guru, maka psikologi pendidikan sangaat dibutuhkan. Lantas apakah psikologi pendidikan itu sebenarnya? Psikologi pendidikan merupakan bagian dari ilmu psikologi yang terfokus di bidang tata kelola pendidikan. Dalam psikologi pendidikan dipelajari berbagai hal mengenai teknis hubungan baik antara guru, murid, dan lingkungan pendidikan dengan harapan terciptanya lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung proses pendidikan itu sendiri.

Ada banyak pengertian pendidikan menurut para ahli, beriktu ini beberapa diantaranya yang cukup populer :

Pengertian Psikologi Pendidikan menurut para ahli :

Menurut Crow, Psikologi pendidikan merupakan sebuah studi mengnai kegiatan belajar, menumbuhkan dan meningkatkan kematangan sesorang dalam pengaplikasian prinsip-prinsip ilmiah tentang raksi manusia yang memiliki pengaruh di dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurut Bruno, Psikologi pendidikan dapat diartikan menjadi tiga bagian yang saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainnya.

  • Pskilogi merupakan pendidikan tentang “ruh”
  • Psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai bagian dari mental kehidupan
  • Psikologi merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan tingkah laku suatu organisme.

Menurut Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan merupakan sebuah fokus ilmu atau sebuah bagian dari ilmu psikologi yang membahas mengenai psikologi anak yang berlangsung di dalam dunia pendidikan.

Batasan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Seperti halnya studi ilmu yang lainnya, psikologi pendidikan memiliki batasan-batasan dalam hal yang dibahas didalamnya. Pada dasarnya, psikologi pendidikan mempelajari mengenai beberapa hal seperti lingkungan dan hereditas pendidikan, perkembangan dan kesehatan mental anak didik, proses dan evalusasi belajar, dan lain-lain. Jika dirinci lebih mendalam, maka ruang lingkup dari psikologi pendidikan mencakup :

  • Lingkungan dan hereditas pendidikan
  • Pertumbuhan dan perkembangan para peserta didik
  • Karakteristik tingkah laku disertai dengan potensi yang ada pada anak didik
  • Higiene mental pendiikan dari anak didik
  • Evaluasi hasil pendidikan yang telah diberikan
  • Hasil dari proses pengadaan pendidikan yang memiliki dampak terhadap individu peserta didik yang bersifat personal dan sosial.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian psikologi pendidikan yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam memahami konsep psikologi pendidikan yang sebenarnya.

Related Post to Pengertian Psikologi Pendidikan