Pengertian Proxy Server

Mengakses internet adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh manusia di era digital saat ini. Kegiatan yang biasa dikenal dengan istilah surfing tersebut, menjadi salah satu kegiatan yang lazim dilakukan dimanapun dan kapanpun kita berada. Manusia dituntut selalu up-to-date dengan informasi apapun, sehingga kegiatan surfing tersebut membantu untuk memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut. Namun, tidak semua orang paham tentang hal-hal dibalik kegiatan surfing dan hal apa sajakah yang mendukung kegiatan tersebut, selain gadget yang kita miliki pastinya. Ya, proxy server. Secara umum, pengertian proxy server adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Pada umumnya, dengan proxy maka identitas anda yang berupa IP akan tersembunyi karena yang dikenali hanyalah server yang direquest adalah IP dari server proxy anda.

Pengertian Proxy Server, Fungsi dan Tata Kerjanya

Memang banyak sekali pihak yang belum paham terkait proxy server itu sendiri. Dilihat dari pengertian proxy server pun rasanya masih sulit untuk memahami, terlebih tentang tata kerja dari proxy server itu sendiri. Pada dasarnya, tata kerja proxy server dapat diidentifikasi secara sederhana. Disaat seorang user menggunakan layanan satu proxy lalu meminta sebuah file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskan permintaan tersebut kepada internet. Dengan kata lain, proxy lah yang menjadi jembatan penghubung antara kita dengan internet dalam rangka meminta sebuah file atau data tertentu. Kemudian, jika proxy telah mendapatkan apa yang user minta maka proxy secara otomatis memberikan respon atau feedback dalam bentuk mengirimkan file atau data yang diminta kepada user tersebut.

Secara sederhana, tata kerja proxy yang dijabarkan diatas memang sangat sesuai dengan pengertian proxy server yang telah diungkapkan pada paragraf sebelumnya. Untuk menelaah lebih lanjut tentang hal tersebut, kita perlu tahu fungsi apa sajakah yang dimiliki oleh proxy tersebut. Beberapa fungsi proxy tersebut adalah sebagai berikut: (1) Fungsi conecting sharing, yakni sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user; (2) Fungsi filtering, yakni dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut; dan (3) Fungsi caching, karena proxy dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user.

Diharapkan sedikit ulasan ringkas terkait dengan pengertian proxy dapat membantu anda dalam memahami hal-hal baru di era digital ini. Tidak ada manfaat negatif dari bertambahnya sebuah ilmu dan pengetahuan karena seyogyanya manusia selalu membutuhkan banyak informasi di dalam hidupnya.

Related Post to Pengertian Proxy Server