Pengertian Prolog dilihat dari Berbagai Sudut Pandang

Dalam dunia karya sastra sering kali kita menemukan kata prolog, terutama dalam sebuah karya sastra yang berbentuk cerita seperti drama maupun novel. Prolog merupakan bagian penting yang selalu dicantumkan dalam dua karya sastra ini. Kehadiran prolog dalam dua karya sastra ini biasanya membuat jalan cerita yang ada dalam karya sastra menjadi lebih mudah dicerna dan dipahami oleh orang yang menikmatinya.

Meskipun pada umumnya prolog banyak digunakan di dunia sastra, akan tetapi ternyata prolog juga digunakan dalam dunia teknologi, tepatnya dalam dunia teknologi pemrograman. Dalam dunia teknologi pemrograman, prolog memiliki fungsi dan juga arti yang sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan prolog yang ada di dunia sastra.

Lantas, apa sih sebenarnya prolog itu? Apa sih pengertian prolog dalam dunia sastra? Apa sih kegunaan prolog dalam dunia teknik pemrograman? Seberapa besar manfaat prolog dalam karya sastra?

Beberapa Pengertian Prolog

Jika diartikan mengikuti kaidah sastra, prolog dapat diartikan sebagai sebuah istilah yang digunakan dalam karya sastra yang berfungsi sebagai kalimat ataupun peragaan pembuka. Prolog merupakan bagian yang sengaja ditampilkan di bagian awal sebuah karya sastra yang berfungsi sebagai pengantar dari keseluruhan cerita yang ada dalam karya sastra yang ditampilkan tersebut. Dalam dunia karya sastra sendiri prolog biasanya banyak digunakan dalam karya sastra yang berbau dunia cerita seperti novel, drama, film, dll.

  1. Prolog dalam Drama

Dalam dunia drama, prolog merupakan bagian pembukaan yang menerangkan latar belakang ataupun awal dari sebuah kejadian. Prolog dalam drama biasanya ditampilkan di awal – awal pertunjukan drama. Prolog dalam sebuah drama sering kali digunakan sebagai babak perkenalan para pemeran utama yang ada dalam drama tersebut.

  1. Prolog dalam Novel

Hampir sama dengan prolog yang ada pada drama, prolog dalam novel merupakan bagian pembukaan yang menceritakan awal mula kisah yang diceritakan dalam novel tersebut. Sama halnya dengan prolog yang ada di drama, prolog pada sebuah novel biasanya diletakkan di bagian awal sebuah novel. Prolog dalam sebuah novel biasanya berisi konflik ataupun pokok permasalahan yang ada dalam kisah yang diceritakan dalam novel tersebut.

  1. Prolog dalam Dunia Teknik

Selain banyak digunakan di dunia seni sastra, prolog juga sering kali digunakan di dunia teknik. Di dunia teknik pemrograman, prolog merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman non – procedural yang biasa digunakan dalam program-program perangkat lunak yang ada pada perangkat komputer. Bahasa pemrograman prolog biasanya dibuat dengan memanfaatkan teknik heuristik yang hanya dipahami oleh para ahli di dunia pemrograman.

Itulah beberapa pengertian prolog yang ada dalam berbagai macam karya sastra. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Prolog dilihat dari Berbagai Sudut Pandang