Pengertian Power Supply dan Fungsinya

Bagi anda yang belum mengetahui power supply, berikut kami berikan penjelasannya. Power supply merupakan salah satu hardware dalam pc yang memiliki fungsi penting. Pengertian power supply sendiri ialah hardware atau perangkat keras pada komputer yang bertugas menyuplai listrik dari sumber aliran listrik melalui kabel. Power supply ini lah yang kemudian menyalurkan aliran listrik kepada bagian lain dalam komputer yang membutuhkannya, seperti hardisk, kipas, motherboard, dan lain-lain. Posisi power supply ini berada dalam casing CPU, tetapi karena ukurannya yang relatif besar dan mudah dikenali karena berbentuk kotak, akan mempermudah pengguna untuk mempelajari atau mengecek power supply jika terjadi kerusakan.

Fungsi Power Supply berdasarkan pengertian Power Supply

Untuk fungsi dari power supply sendiri, melihat dari definisi diatas dapat dikatakan bahwa power supply memiliki fungsi yang sangat penting dalam komputer. Dengan bantuan power supply, maka semua bagian komputer lainnya bisa beroperasi dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa perangkat keras pada komputer hanya bisa berjalan jika aliran listrik bersifat DC atau arusnya searah. Power supply disini bertugas untuk mengubah aliran listrik yang bersifat AC atau arus listriknya bolak-balik, menjadi DC yang kemudian disalurkan pada komponen lainnya dalam komputer. Meskipun power supply ini memiliki tugas yang penting dalam sistem operasi komputer, namun tentu saja semua komponen dalam komputer juga memiliki fungsi yang sama pentingnya. Dengan komponen yang lengkap tersebut, maka komputer pun akan beroperasi secara lebih optimal.

Power supply terdiri dari dua jenis yang berbeda berdasarkan pengertian power supply. Jenisnya diantaranya power supply ATX dan AT. Jenis power supply yang paling banyak digunakan ialah power supply dengan tipe ATX. Daya listrik pada power supply tipe ATX cenderung lebih besar dan sesuai dengan komputer mana pun. Selain itu, ada pula fasilitas SATA connector power serta sistem pengaturan otomatis yang membantu sistem operasi komputer lebih optimal. Berbeda dengan power supply tipe ATX, ada juga power supply tipe AT. Power supply tipe ini biasanya hanya berlaku pada komputer lama seperti komputer dengan pentium dua.

Untuk penyambung atau kabel connector pada power supply ini, ada banyak jenis yang digunakan. Berbagai jenis tersebut diantaranya ATX power connector, AT power connector, berg connector, molex connector, pin PCI-E connector, ATX 12V Intel four pin connector, SATA power connector, dan lain-lain. Pemilihan kabel connector ini tergantung pada jenis komputer dan power supply yang digunakan. Demikian sekilas informasi seputar fungsi, jenis dan pengertian power supply. Dengan mengerti definisi dan fungsinya, anda tentu bisa dengan mudah mengoperasikan komputer dengan lebih optimal, dan bisa dengan mudah mendeteksi kerusakan pada perangkat komputer anda.

Related Post to Pengertian Power Supply dan Fungsinya