Pengertian Penyakit Menurut Para Ahli

Setiap orang pasti pernah terserang penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit kronis. Tubuh manusia tersusun atas berbagai macam organ dan juga jaringan sel yang sangat rentan terserang berbagai macam bibit-bibit penyakit. Pola hidup yang tidak sehat disertai dengan tingkat kebersihan yang tergolong cukup rendah sering kali membuat berbagai macam organ yang ada di dalam tubuh manusia menjadi terserang penyakit.

Lantas apa sih sebenarnya pengertian penyakit itu? Penyakit merupakan sebuah kondisi tidak normalnya sebuah perangkat organ yang ada di dalam tubuh manusia yang menyebabkan rasa sakit yang dapat mengancam keberlangsungan kehidupan orang yang menderitanya.

Selain definisi tersebut, ada banyak sekali definisi dari kata penyakit yang telah diutarakan oleh para ahli yang berasal dari dunia pendidikan dan juga praktisi dunia kesehatan. Beberapa diantara defenisi tersebut yaitu :

Beberapa Pengertian Penyakit

  1. DR. Beate Jacob

Menurut Dr. Beate Jacob, penyakit merupakan sebuah penyimpangan dari kondisi tubuh normal menuju ke ketidakharmonisan jiwa.

  1. Thomas Timmreck

Menurut Thoma Timmreck, penyakit dapat diartikan sebagai sebuah keadaan dimana terdapat gangguan terhadap bentuk ataupun fungsi salah satu bagian tubuh yang menyebabkan tubuh menjadi tidak dapat bekerja dengan normal.

  1. Elizabeth J. Crown

Menurut Elizabeth J. Crown, penyakit merupakan perihal hadirnya sekumpulan respons tubuh yang tidak normal terhadap agen, yang mana manusia memiliki toleransi yang sangat terbatas atau bahkan tidak memiliki toleransi sama sekali.

  1. Kathleen Meehan Arias

Menurut Kthleen Meehan Arias, pengertian penyakit adalah suatu kesakitan yang biasanya mempunyai setidaknya dua sifat dari beberapa kriteria berikut ini : perubahan anatomi yang konsisten, telah diketahuinya agen atiologik, atau telah teridentifikasinya beberapa tanda ataupun gejala tertentu.

  1. George Pickett & John J. Hanlon

Menurut George Pickett & John J. Hanlon, penyakit merupakan sebuah fungsi dari kekuatan agen penyebabnya dan sistem kekebalan tubuh manusia.

  1. Munadjad Iskandar

Menurut Munajid Iskandar, penyakit merupakan sebuah proses alami yang normal terjadi dalam tubuh manusia yang harus dihadapi dan tidak perlu dimusuhi.

  1. Azizan Haji Baharuddin

Menurut Azizan Haji Baharuddin, penyakit dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang disebabkan oleh rusaknya keseimbangan fungsi tubuh dan beberapa bagian badan manusia.

  1. DR. Eko Dudiarto

Menurut Dr. Eko Dudiarto, penyakit merupakan jegalan mekanisme adaptasi suatu organisme untuk beraksi secara tepat terhadap setiap tekanan ataupun rangsangan yang menimbulkan gangguan pada fungsi ataupun struktur organ dan sistem di dalam tubuh.

9.Wahyudin Rajab, M. Epid

Menurut Wahyudin Rajab, M. Epid, penyakit merupakan sebuah keadaan yang bersifat objektif dan rasa sakit merupakan dampaknya yang bersifat subjektif.

Itulah beberapa pengertian penyakit yang telah didefinisikan oleh para ahli di dunia kesehatan. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Penyakit Menurut Para Ahli