Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Pengertian pendidikan kewarganegaraan kiranya sudah pernah diajarkan oleh guru kita sewaktu menginjak sekolah baik itu sekolah dasar, menengah, dan atas. Pendidikan kewarganegaraan sangat berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai Negara yang berdaulat dan memiliki kekuasaan, maka warga masyarakat harus mematuhi norma, aturan, dan kaidah-kaidah dalam kehidupan berbangsa dan Negara. Kita harus menyadari bahwa Negara terbentuk akibat adanya kesatuan, adanya komitmen dari seluruh elemen bangsa untuk bersatu membentuk sebuah kedaulatan yang kuat dan rekat yaitu sebuah Negara kesatuan. Maka dari itu pendidikan kewarganegaraan harus ditanamkan terhadap anak-anak sejak dini untuk menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara, serta untuk menanamkan karakter ( pendidikan karakter).

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan dan Kaitannya Dengan Pendidikan Karakter

Saat ini Indonesia mengalami krisis karakter, Indonesia sudah mulai kehilangan karakter bangsanya sendiri. Kita kehilangan identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang menghargai keberagaman, hidup dari berdampingan dengan ratusan suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. Pembelajaran tentang kewarganegaraan ini sangat penting, mengingat hal ini merupakan hal dasar atau sebagai pondasi yang harus dibentuk kepada setiap anak-anak dan remaja agar memiliki kesadaran dan kepedulian yang lebih terhadap Negara, yang pada akhirnya anak-anak muda Indonesia bisa mengambil peran lebih besar dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. Tujuan utama pendidikan ini untuk menumbuhkan kesadaran cinta tanah air, meningkatkan wawasan dan kesadaraiyann berbangsa, dengan tetap berpegang teguh pada kebudayaan bangsa sendiri.

Selain itu pengertian pendidikan kewarganegaraan juga bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia menjadi lebih berkualitas, memiliki identitas pribadi, berbudi luhur, ramah, memiliki sopan santun.  Pendidikan ini harus diterapkan dan tetap diajarkan di semua jenjang pendidikan yang ada di Indonesia, bahkan sampai tingkat pendidikan tinggi sekalipun. Hal ini untuk menumbuhkan rasa kebanggaan, nasionalisme, dan kepedulian terhadap Negara, serta untuk lebih memahami apa yang menjadi kewajiban dan hak seorang warga Negara terhadap konstitusi, terhadap bangsa dan Negara Indonesia. Bahkan saking pentingnya pendidikan kewarganegaraan, menurut keputusan menteri pendidikan, mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran atau mata kuliah wajib di semua tingkat pendidikan.

Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membentuk karakter dan identitas bangsa sangat penting, hal ini untuk menghindari Indonesia kehilangan identitas dan jati diri, Indonesia menjadi Negara yang serba ikut-ikutan, mengikuti trend yang jelas-jelas bertentangan dan tidak sesuai dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita ambil contoh Jepang, walaupun negaranya sangat maju, tetapi Jepang tidak meninggalkan sedikitpun akar budaya mereka, dari mulai norma, adat istiadat, sampai kesenian khas mereka. Itulah mengapa pengertian pendidikan kewarganegaraan harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia agar Indonesia tidak kehilangan identitasnya sebagai sebuah Negara yang santun, berbudi pekerti luhur, dan penuh keramahan.

Related Post to Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan