Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya

Hampir bisa dipastikan bahwa anda mengetahui pengertian pekerjaan. Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai konsep-konsep dari pekerjaan, hal-hal apa saja yang membatasi pengertian dari pekerjaan itu sendiri. Dengan kata lain kita akan membahasi definisi dari pekerjaan itu sendiri. Dalam arti luas pekerjaan berarti setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Sedangkan dalam arti sempit pekerjaan berarti ialah sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah kegiatan tugas yang dilakukan oleh seseorang dengan harapan timbal balik berupa uang atau hal lainnya sesuai kesepakatan. Istilah pekerjaan ini biasa digunakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan baik yang bersifat rutin atau tidak rutin, penghasilan tersebut bisa berupa upah (harian) atau gaji (bulanan). Jadi pada intinya harus ada timbal balik setelah kita melakukan sebuah pekerjaan

Konsep dan Pengertian Pekerjaan

Imbalan yang di dapat atas pekerjaan yang dilakukan tidak selalu berupa uang, namun juga bisa berupa hal lain sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Menurut pemerintah Belanda dalam buku Wetboek van koophandel merupakan merupakan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus atau kontinyu dalam suatu kedudukan tertentu dan dilakukan secara terang-terangan. Pekerjaan tidak berarti harus diartikan secara sempit hanya terbatas untuk mendapatkan imbalan. Tetapi pekerjaan juga bisa diartikan sebagai tugas atau tanggungjawab seseorang dalam menjalani hidup sesuai status, jabatan dan derajat yang dia miliki. Misalnya saja tugas dinas sosial akan berbeda dengan tugas dinas pekerjaan umum.

Bekerja sudah melekat atau sudah ada sejak jaman dahulu kala bahkan saat manusia pertama di bumi ini ada. Ya, Nabi Adam AS, diperintahkan tuhan untuk bekerja dari Allah sendiri, yaitu dengan mengurus binatang-binatang yang ada di bumi ini. orang melakukan pekerjaan sangat bergantung pada motif dirinya masing-masing, ada orang yang melakukan pekerjaan untuk mencari uang, melakukan pekerjaan karena tanggungjawab, melakukan pekerjaan karena hobi, serta sebab-sebab lainnya kenapa orang ingin bekerja. Tidak ada pengertian pasti dan ilmiah mengenai apa sebenarnya itu pekerjaan. Istilah pekerjaan muncul karena adanya kesepakatan bahasa, sehingga orang-orang dalam kelompok tertentu sepakat bahwa orang yang melakukan tugas dengan tujuan tertentu disebut pekerjaan, itulah pengertian pekerjaan.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang diminati oleh orang-orang seperti pekerjaan kantoran atau pekerjaan di lapangan. Semuanya sangat bergantung pada backround dari masing-masing pencari kerja itu sendiri, jika kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya mendukung untuk pekerjaan lapangan maka ia harus bertugas dilapangan, begitu juga sebaliknya jika orang memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk bekerja di dalam ruangan. Pekerjaan lapangan lebih bersifat teknis, dan ruangan lebih bersifat strategis, perencanaan, dan pengambil keputusan. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pekerjaan, semoga bermanfaat.

Related Post to Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya