Pengertian Naturalisasi Pemain Sepak Bola di Indonesia

Anda mungkin sudah sering mendengar kata naturalisasi, apalagi pada saat pemberitaan di Indonesia sedang gencar-gencarnya memberitakan pemain sepak bola turunan Indonesia dan Belanda Irfan Bachdim. Saat itu isu naturalisasi warga Negara menjadi perbincangan hangat dikalangan publik Indonesia. Ada yang pro akan kegiatan naturalisasi dan ada yang tidak. Artikel kali ini membahas mengenai pengertian naturalisasi. Saat ini ada beberapa pemain sepak bola di Indonesia yang telah dinaturalisasi menjadi warga Negara Indonesia, hal ini didasarkan oleh beberapa hal seperti potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut sangat bermanfaat demi bangsa dan Negara. Salah satu syarat naturalisasi ialah salah satu orang tua dari orang yang akan dinaturalisasi harus merupakan warga Negara Indonesia. Sebenarnya masih ada lagi syarat-syarat dan ketentuan dari proses naturalisasi ini. jadi dalam artikel kali ini tidak hanya membahas mengenai pengertian naturalisasi saja, melainkan juga membahas syarat naturalisasi, konsep naturalisasi, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan naturalisasi itu sendiri.

Pengertian naturalisasi ialah proses perubahan status kewarganegaraan asing menjadi warna Negara suatu Negara atau dalam hal ini warga Negara Indonesia. Segala bentuk proses naturalisasi harus merujuk dan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau dalam hal ini Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa naturalisasi merupakan proses perubahan status kewarganegaraan seseorang yang awalnya berstatus warga Negara asing menjadi warga Negara suatu Negara (Indonesia) dengan merujuk atau sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada Negara penerima. Alasan kenapa orang asing bisa menjadi warga Negara Indonesia ialah diantaranya, karena menikah dengan warga Negara Indonesia, karena mengajukan permohonan kepada Negara, dan yang paling terkenal ialah kewarganegaraan pemain sepak bola berbakat menjadi warga Negara Indonesia. Ada banyak manfaat sebenarnya yang bisa didapatkan dengan dilakukannya naturalisasi. Jika timnas sepak bola melakukan naturalisasi salah satu pemain sepak bola berbakat yang bermain di Indonesia namun memiliki kewarganegaraan asing, maka bisa menambah kekuatan bagi timnas Indonesia.

Manfaat naturalisasi yang lainnya ialah, bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam suatu organisasi, dalam hal ini dunia sepak bola di Indonesia. Naturalisasi memang diakui sebagai cara instan yang dipilih oleh pemerintah demi mendapatkan pemain sepak bola berbakat secara cepat dan mudah. Hal ini juga menunjukkan bahwa PSSI kurang mampu mencetak pemain-pemain sepak bola handal asli Indonesia. PSSI organisasi yang paling memiliki kekuasaan untuk mengurus dunia sepak bola belum sanggup menghasilkan bibit-bibit unggul pemain sepak bola, sehingga malah menggunakan cara naturalisasi untuk memenuhi kuota pemain bertalenta, handal dan berkualitas untuk memenuhi skuad timnas Indonesia. Demikianlah pengertian naturalisasi, semoga bermanfaat.

Related Post to Pengertian Naturalisasi Pemain Sepak Bola di Indonesia