Pengertian Multimedia dan Jenis Multimedia

Kemajuan di dunia teknologi membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis. Ada banyak temuan-temuan baru di dunia teknologi yang dapat mempermudah dan mempercepat berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Penemuan di dunia teknologi informasi saja misalnya. Jika pada jaman dahulu informasi hanya disebarkan dengan menggunakan salah satu media saja, maka saat ini informasi dapat disebarkan dengan menggunakan berbagai macam media sekaligus.

Televisi saja contohnya, di televisi, Anda dapat menikmati sajian informasi dalam bentuk suara, gambar, grafik, tulisan, animasi, dan juga video secara bersamaan. Hal ini tentunya membuat proses penyampaian informasi menjadi lebih akurat dan juga menyenangkan.

Teknologi yang diaplikasikan dalam media informasi ini disebut dengan multimedia. Lantas apakah arti dari multimedia itu?

Jika diartikan dari frasa katanya, maka multimedia dapat diartikan sebagai beberapa gabungan media. Meskipun dapat diartikan seperti itu, akan tetapi pada dasarnya, multimedia memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari sekedar gabungan beberapa media.

Pengertian Multimedia menurut Para Ahli

Mc.Comick, 1996

Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.

Robin dan Linda, 2001

Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.

Hofstekter, 2001

Menurut Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

Turban, dkk, 2002

Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.

Jenis Multimedia berdasarkan Karakteristiknya

Dilihat dari karakteristiknya, multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.

Multimedia Linier

Multimedia linier merupakan multimedia satu arah, artinya, pengguna multimedia ini hanya bisa mendapatkan informasi saja, tanpa bisa bisa memberikan feedback yang besar (meskipun ada hanya bersifat sekuensial). Contoh dari multimedia ini adalah siaran televisi, film, dll.

Multimedia Interaktif

Berbeda dari multimedia linier, multimedia interaktif menyediakan berbagai kebebasan nafigasi bagi para penggunanya. Pengguna multimedia interaktif dapat memberikan berbagai macam feedback melalui berbagai macam alat kontrol yang disediakan. Contoh dari multimedia ini adalah game, pemutar video, dll.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian multimedia dan jenis multimedia berdasarkan karakteristiknya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang bermanfaat dalam kehidupan Anda.

Related Post to Pengertian Multimedia dan Jenis Multimedia