Pengertian Modernisasi dan Dampak yang Ditimbulkannya

Kata Modernisasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu Modernization yang artinya proses menuju modern (canggih). Modernisasi merupakan sebuah perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dimana dalam perubahan ini masyarakat mulai meninggalkan berbagai macam kebiasaan dan pola hidup tradisional yang sudah tidak lagi relevan, menuju ke pola kehidupan yang jauh lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman. Selain pengertian di atas, ada banyak sekali definisi dari kata modernisasi yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai arti dari kata modernisasi :

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

  1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi merupakan sebuah bentuk dari perubahan sosial yang mengarah dan didasarkan pada perencanaan sosial.

  1. Abdul Syam

Menurut Abdul Syam, modernisasi merupakan sebuah proses perubahan menuju ke arah yang lebih maju ataupun meningkat dalam berbagai aspek yang ada di kehidupan masyarakat.

  1. Wibert E. Moore

Menurut Wilbert E. Moore, pengertian modernisasi adalah sebuah transformasi total dalam aspek kehidupan bersama di berbagai bidang seperti teknologi dan organisasi sosial, yang dulunya masih tradisional menuju ke arah yang lebih politis dan ekonomis.

  1. Ougburn dan Nimkoff

Menurut Ougburn dan Nimkoff, Modernisasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan demi mengarahkan masyarakat agar bisa memproyeksikan diri ke masa depan yang nyata, dan bukan hanya angan – angan semu semata.

  1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, modernisasi dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk hidup dengan menyesuaikan perkembangan zaman dan konstelasi yang ada pada dunia saat ini.

  1. Alex Thio

Menurut Alex Thio, modernisasi merupakan sebuah bentuk perubahan sosial yang berupa perubahan pola masyarakat pertanian menuju ke pola masyarakat industri.

  1. Harold Rosenberg

Menurut Harold Rosenberg, pengertian modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi ataupun hingga sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu kelompok masyarakat terjadi.

Dampak Modernisasi

  1. Dampak Positif

Beberapa dampak positif dari modernisasi adalah sebagai berikut :

  • Modernisasi membuat masyarakat menjadi lebih rasional terhadap setiap elemen kehidupan yang ada di sekitarnya.
  • Modernisasi berjalan selaras dengan perkembangan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Berbagai perkembangan di dunia IPTEK ini memberikan berbagai macam kemudahan dalam kehidupan manusia.
  • Kemajuan dunia industri yang disebabkan oleh modernisasi, menciptakan banyak peluang baru untuk masyarakat di bidang perekonomian.
  1. Dampak Negatif

Selain memberikan dampak positif, modernisasi juga menimbulkan berbagai macam dampak negatif. Berikut ini dampak negatif yang ditimbulkan dari modernisasi :

  • Cepatnya perkembangan di dunia teknologi membuat produksi berbagai macam produk baru menjadi berjalan dengan lebih cepat. Hal ini pada akhirnya memicu pola hidup di kalangan masyarakat.
  • Berbagai peralatan canggih membuat segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan menjadi lebih mudah. Manusia menjadi merasa bisa berdiri sendiri, dan pada akhirnya bersikap individualis.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian modernisasi beserta dengan dampak yang ditimbulkannya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan informasi dan juga pengetahuan yang berguna untuk kehidupan Anda.

Related Post to Pengertian Modernisasi dan Dampak yang Ditimbulkannya