Pengertian Media Pembelajaran dan Fungsinya

Belajar merupakan kegiatan seumur hidup yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Untuk dapat bertahan hidup, setiap orang harus belajar untuk hidup, untuk bisa mengetahui ilmu pertanian, setiap orang harus belajar ilmu pertanian, untuk bisa mengetahui ilmu filsafat, setiap orang harus belajar ilmu filsafat, dan begitu pula seterusnya di bidang ilmu yang lain. Dalam kegiatan belajar setiap orang memiliki pola dan cara yang berbeda satu dengan lainnya. Beberapa orang dapat belajar dengan otodidak tanpa mengandalkan guru, namun beberapa orang lainnya mutlak harus dibimbing oleh seorang guru.

Dalam proses belajar, biasanya setiap orang membutuhkan media pembelajaran sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan belajar. Guru biasanya memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana untuk membantu murid dalam mempelajari berbagai macam bahan pelajaran. Salah satu media pembelajaran yang paling banyak digunakan di dunia adalah buku, sedangkan beberapa media pembelajaran yang umum digunakan saat ini yaitu komputer, LCD projector, OHP, Televisi, dan berbagai media pembelajaran lainnya.

Pengertian Media Pembelajaran

Jika diartikan dari frasa katanya maka media pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah sarana yang digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini, media pembelajaran menjadi sebuah alat yang dapat membantu pengajar (guru) dalam menerangkan pelajaran kepada para murid (siswa) yang dimilikinya.

Menurut Hamalik (1986), pengertian media pembelajaran merupakan media pengajaran dalam proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan keinginan dan minat murid, membangkitkan motivasi murid, serta memberikan rangsangan dan juga pengaruh psikologis kepada para siswa yang menggunakannya.

Fungsi Media Pembelajaran

Pada dasarnya, media belajar memiliki fungsi sebagai sarana yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembelajaran. Menurut Kemp dan Dayton (1985), ada 8 fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dari media pembelajaran, yaitu :

  1. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai media untuk menyeragamkan materi pelajaran di beberapa wilayah belajar sekaligus.
  2. Media pembelajaran membuat kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan juga menarik.
  3. Media pembelajaran membuat proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif antara satu pelajar dengan peserta belajar lainnya ataupun dengan pengajar.
  4. Media belajar membuat kegiatan belajar menjadi lebih efisien sehingga lebih hemat tenaga dan juga waktu.
  5. Media belajar membuat kualitas belajar siswa menjadi lebih baik.
  6. Media belajar membuat kegiatan belajar menjadi lebih fleksibel sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  7. Media belajar dapat menanamkan sikap positif siswa terhadap setiap proses dan juga materi pelajaran.
  8. Media belajar membuat peranan guru menjadi lebih produktif dan juga lebih positif.

Itulah sedikit tulisan mengenai pengertian media pembelajaran beserta dengan fungsi media pembelajaran yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Pengertian Media Pembelajaran dan Fungsinya