Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Setiap perusahaan membutuhkan peran sumber daya manusia sebagai tenaga pengelola aktivitas usaha yang mereka jalankan. Sumber daya manusia sering kali disebut-sebut sebagai pemegang kendali sebuah perusahaan. Kesuksesan perusahaan akan sangat bergantung dengan sumber daya manusia yang dimilikinya. Tanpa peranan manusia, aktivitas usaha tidak akan bisa dijalankan, dan tanpa manajemen sumber daya yang baik, aktivitas usaha yang dijalankan tidak dapat berjalan dengan optimal.

Agar aktivitas usaha bisa berjalan dengan optimal, maka perusahaan harus menjalankan suatu sistem manajemen sumber daya manusia yang baik. manajemen sumber daya manusia diperlukan agar setiap elemen sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan dapat bekerja dengan optimal sehingga apa yang dituju oleh perusahaan bisa dicapai dengan lebih cepat dan mudah.

Lantas apa sih sebenarnya manajemen sumber daya manusia? Pengertian manajemen sumber daya manusia adalah tata laksana pengelolaan seluruh aktivitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi/perusahaan yang tujuannya untuk mendukung tercapainya tujuan dan cita-cita perusahaan.

Beberapa Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Moses N. Kiggundu (1989)

Menurut Moses N. Kiggundu, manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai pengembangan dan pemanfaatan pegawai dalam rangka tercapainya tujuan dan sasaran individu, organisasi, masyarakat, bangsa dan internasional yang efektif.

  1. Amstrong (1990)

Menurut Amstrong, manajemen sumber daya manusia adalah suatu pendekatan terhadap manajemen manusia yang berlandaskan pada empat prinsip dasar. Prinsip yang pertama adalah perusahaan harus dijadikan sebagai harta yang paling penting dan manajemen yang baik merupakan kunci keberhasilan dari sebuah organisasi. Prinsip yang kedua yaitu keberhasilan hanya dapat dicapai jika setiap kebijakan, peraturan, dan prosedur yang dibuat untuk sumber daya manusia dalam organisasi saling terkait satu sama lainnya dan dapat memberikan kontribusi nyata untuk tujuan organisasi. Prinsip ketiga yaitu nilai budaya dan suasana dalam organisasi memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pencapaian terbaik organisasi. Dan prinsip yang keempat adalah manajemen sumber daya manusia harus berhubungan, berintegrasi, dan bekerja sama dengan setiap anggota yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

  1. Tulus (1992)

Menurut Tulus, pengertian menajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan tenaga kerja dimaksud membantu tujuan organisasi, individu dan masyarakat.

  1. Hasibuan (2000)

Menurut hasibuan, manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai sebuah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan.

Itulah beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut pendapat para ahli. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli