Pengertian Manajemen Pendidikan 2015

Banyak sekali pengertian manajemen pendidikan yang bisa anda ketahui. Manajemen sendiri diartikan sebagai cabang ilmu yang usianya relatif masih muda namun sebagian orang pasti sudah mengenal sangat aneh jika belum banyak yang mengenal. Untuk istilah lamanya sering digunakan yaitu “ administrasi “ namun disini adanya penjelasan lain yang lebih bermakna. Maanjemen pendidikan menurut kamus bahasa Belanda-Indonesia berasal dari “ administratie “ yang diartikan sebagai tata usaha. Manajemen sendiri juga bisa diartikan sebagai suatu proses kerja yang akan melibatkan segelintir orang untuk mengarahkan bimbingan atau pengarahan untuk mencapai tujuan organisasinya yang telah disepakati bersama agar menghasilkan sesuatu yang nyata. Semua karyawan di dalam organisasi hyang nyata agar secara bersama-sama ingin mencapai tujuan tersebut.arus memiliki tujuan.

Beberapa Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan bisa anda artikan satu per satu terlebih dahulu yaitu pengertian manajemen dan pengertian pendidikan. Untuk pengertian manajemen menurut James A.F Stoner adalah proses perencenaan, pengorganisasian, serta penggunaan sumber daya organisasi yang ada untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Tujuan tersebut harus berhasil karena akan meningkatkan produktivitas organisasi mereka. Untuk pengertian pendidikan sendiri menurut Prof. H. Mahmud Yunus merupakan suatu usaha yang dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak-anak yang memiliki tujun untuk meningkatkan pengetahuan, jasmani serta akhhlak yang akan diarahkan kearah yang benar dan sesuai dengan cita-citanya.

Ada juga pendapat para ahli mengenai pengertian manajemen pendidikan menurut Mulyani A. Nurhadi bahwa manajemen pendidikan merupakan rangkaian kegiatan pengelolaan yang berawal dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang bersifat kompleks dan unik yang berbeda dengan memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Untuk tujuan kegiatan tersebut tidak akan terlepas dari tujuan pendidikan yang sudah umum dijalankan dan ditetapkan. Manajemen pendidikan sendiri bisa dikatakan sebagai pengorganisasian, pengelompokkan serta penggunaan sumber daya tenaga pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah diatur oleh Departemen Pendidikan Nasional. Setiap tahunnya selalu ada pemeriksaan dan upgrading setiap tenaga pendidik agar pendidikan khususnya di negara Indonesia tidak tertinggal denga negara lain.

Pendidikan sangatlah penting bagi setiap masyarakat dan setiap masyarakat wajib menikmati pendidikan minimal 9 tahun seperti telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Ada beberapa ahli yang mengatakan seperti pendapat Redja Mudyahardjo mengemukakan manajemen pendidikan mencakup sub-sub komponen yang terdiri dari 1. Perencanaa, 2. Sistem Pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan, 3. Organisasi, 4. Administrasi, 5. Keuangan, 6. Tenaga pendidik, 7. Sistem Evaluasi, dan 8. Penelitian. Dalam hal ini ada pendidikan di Indonesia masih sangat kurang dan butuh perhatian, maka dari itu anda bisa mengacu kepada pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli diatas.

Related Post to Pengertian Manajemen Pendidikan 2015