Pengertian Mailing List dan Kegunaannya

Kecanggihan dunia teknologi informasi dan komunikasi benar-benar telah membantu kehidupan manusia. Berbagai penemuan-penemuan di bidang teknologi dan komunikasi telah terbukti dapat membuat berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk berkomunikasi saja misalnya, jika sebelum ditemukannya berbagai teknologi canggih manusia harus saling bertatap muka untuk bisa berkomunikasi, maka setelah ditemukannya berbagai teknologi di bidang komunikasi, komunikasi antar manusia dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus saling bertatap muka.

Mailing list merupakan salah satu penemuan yang telah terbukti mampu mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Dengan menggunakan mailing list, manusia dapat saling berkomunikasi secara berkelompok hanya dengan menggunakan koneksi internet saja, tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka. Ada banyak sekali manusia dari seluruh penjuru dunia yang menggunakan mailing list. Semua pengguna mailing list ini saling bekomunikasi dan saling berbagi informasi, berita, dan juga mungkin keluh kesah. Lantas apa sih sebenarnya mailing list itu?

Pengertian mailing list pada dasarnya telah terungkap dari narasi yang telah disampaikan di atas. Mailing list merupakan sebuah wadah yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di antara sesama penggunanya untuk berbagi informasi dan berita. Sistem kerja mailing list adalah dengan memanfaatkan akun email. Setiap pemilik akun email dapat bergabung ke berbagai grup mailing list yang disukainya. Hal ini dikarenakan mailing list terbuka untuk siapa saja yang ingin mengaksesnya.

Ada beberapa jenis mailing list yang dapat digunakan yaitu announcement type list dan discussion type list. Dalam jenis announcement type list, kegiatan komunikasi hanya berjalan dalam satu arah. Setiap anggota dari grup mailing list akan dikirimi berbagai informasi tanpa bisa memberikan komentar ataupun umpan balik terhadap isi dari informasi yang dibagikan. Hal ini berbeda dengan apa yang dapat dilakukan oleh para pengguna discussion type list. Para pengguna mailing list tipe discussion type list dapat saling mengomentari ataupun memberikan umpan balik terhadap pengirim informasi yang ada di grup mailing list.

Kegunaan Mailing List

Seperti halnya berbagai media komunikasi yang lainnya, mailing list berguna sebagai media komunikasi beberapa orang dimana dalam media komunikasi ini, penggunanya dapat saling berbagi informasi, berita, dan berbagai komunikasi lainnya. Dengan menggunakan mailing list, para anggota mailing list dapat saling berkomunikasi meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Mailing list memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi informasi dimanapun dan kapanpun dia mau. Tidak ada batasan waktu dan jarak yang membatasi pengguna mailing list.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian mailing list dan kegunaan mailing list yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Anda yang menggunakan fasilitas maling list sebaiknya berhati-hati ketika menyebarkan informasi yang ada di dalam grup ke dunia luar, terutama ketika informasi yang dibahas menyangkut dengan harga diri seseorang ataupun suatu lembaga tertentu.

Related Post to Pengertian Mailing List dan Kegunaannya