Pengertian Lembaga Pendidikan Secara Menyeluruh

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini sangat penting bagi semua orang untuk mendapatkan pendidikan. Sekarang ini sudah banyak orang ataupun masyarakat Indonesia yang memahami dan mengetahui seberapa penting pendidikan, karena itu sekarang ini semakin banyak lembaga pendidikan yang bermunculan. Kali ini kami akan memberikan pengertian lembaga pendidikan secara umum maupun pendapat para ahli mengenai lembaga pendidikan. Secara umum pengertian lembaga adalah suatu organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu, pengertian pendidikan sendiri adalah suatu usaha dalam membangun kepribadian dan juga pengetahuan seseorang. Dari pengertian tersebut lembaga pendidikan dapat diartikan sebagai tempat dimana seseorang dibina dan diberi bekal pengetahuan supaya menjadi lebih baik dalam hidupnya.

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Pakar

Tidak sedikit ahli atau pakar yang mendeskripsikan mengenai lembaga pendidikan, pendapat satu pakar dengan yang lain pasti akan memiliki perbedaan dari sudut pandang maupun yang lainnya. Seorang pakar bernama Prof.Dr. Umar Titahardja bersama Drs. La Sula mengemukakan pendapat mereka mengenai lembaga pendidikan. Menurut pendapat mereka lembaga pendidikan adalah suatu tempat diadakannya proses pendidikan yang terpusat atau dikhususkan pada lingkungan utamanya seperti sekolah, keluarga, dan juga masyarakat. Pendapat ini dapat kita kategorikan sebagai deskripsi lembaga pendidikan secara umum, yang mana lembaga pendidikan tidak terikat sebagai badan usaha maupun pendidikan formal seperti sekolah maupun universitas saja.

Ada lagi pakar yang memiliki nama Drs. H. Abu. Ahmadi bersama Dra. Nur Uhbiyati yang menjelaskan bahwa lembaga pendidikan adalah suatu badan usaha yang bertanggung jawab dan bergerak di bidang pendidikan. Yang mana proses pendidikan tersebut dilakoni oleh para pendidik dan juga peserta didik. Selain itu ada juga pakar bernama Hasbullah yang juga mendeskripsikan pengertian lembaga pendidikan menurut pendapatnya. Menurut Hasbullah lembaga pendidikan merupakan wadah dimana sebuah proses pendidikan berlangsung yang meliputi segala aspek seperti pendidikan sekolah, pendidikan keluarga, dan pendidikan masyarakat. Pendapat Hasbullah ini sebenarnya hampir sama dengan pendapat Prof. Dr. Umar Titahardja yang mendeskripsikan lembaga pendidikan secara menyeluruh meliputi segala aspek.

Menurut Enung K. Rukiyati dan kawan-kawannya lembaga pendidikan adalah suatu tempat dimana proses pendidikan bersama dengan proses kebudayaan berlangsung. Dalam hal ini lembaga pendidikan bisa berbeda-beda bentuknya sesuai dengan kebudayaan yang ada di daerah dimana lembaga pendidikan berada. Pendapat ini juga mengisyaratkan bahwa lembaga pendidikan bukan hanya menyelenggarakan pendidikan formal saja, namun juga nilai-nilai moral dan kebudayaan yang ada pada suatu daerah dimana lembaga pendidikan berada. Dari pengertian lembaga pendidikan bisa kita simpulkan bahwa lembaga pendidikan bukan hanya menyediakan pendidikan formal pengetahuan saja, namun juga meliputi segala aspek seperti norma, budaya, dan lain sebagainya.

Related Post to Pengertian Lembaga Pendidikan Secara Menyeluruh