Pengertian Koordinasi Dalam Manajemen

Dalam melangsungkan aktifitas apapun, kita dipastikan tidak bisa menolak keberadaan orang lain, termasuk di dalam menjalankan aktifitas manajerial. Aktifitas manajerial dikenal sebagai sebuah proses yang sistematis dan membutuhkan bantuan orang lain demi tercapainya tujuan organisasi ataupun perusahaan dengan efektif dan efisien. Dikarenakan proses manajerial adalah sebuah proses yang tidak dapat dikerjaan sendiri dan membutuhkan orang lain maka sebuah koordinasi menjadi hal yang mutlak dan dibutuhkan pada proses tersebut. Dengan adanya koordinasi diharapkan semua pihak yang terlibat dalam proses manajerial tersebut mengetahui dan memahami apa yang seharusnya dilakukan hingga dengan siapakah kita harus bekerja sama. Dikutip dari pernyataan G.R Terry, pengertian koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat, dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.

Pentingnya Pemahaman Pengertian Koordinasi

Mengacu pada salah satu pernyataan terkait pengertian koordinasi, ada beberapa hal yang dapat ditarik sebagai kata kunci untuk memahami makna dari koordinasi itu sendiri. Usaha yang sinkron dan tindakan yang seragam dan harmonis dapat ditarik sebagai kata kunci yang dapat digunakan untuk memahami koordinasi itu sendiri. Memang pada dasarnya kesinkronan dan keteraturan sangat diperlukan dalam berkoordinasi karena koordinasi melibatkan dua pihak bahkan lebih. Dalam melewati proses manajerial, anda tidak hanya berkoordinasi dengan sedikit pihak, melainkan seluruh pihak yang terlibat di dalam organisasi anda. Melakukan perencanaan hingga pengawasan tanpa adanya sebuah koordinasi seperti layaknya membeli kucing di dalam karung, tahu ingin memperoleh sesuatu namun tidak mengetahui cara untuk memperolehnya.

Pengertian koordinasi lainnya juga merujuk pada kegiatan untuk mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri. Artinya, sebuah keseleraan pun harus tercipta dalam proses koordinasi itu sendiri karena semakin besar ruang lingkup koordinasi akan semakin dituntut keselaran di dalamnya.

Selain keselarasan, pengertian koordinasi lainnya pun merujuk pada proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien. Artinya, koordinasi menyatukan berbagai departemen atau bidang yang ada di dalam sebuah organisasi dalam mencapai tujuan organisasi yang telah dirumuskan secara efektif dan efisien. Bukan hal yang mudah untuk menyatukan berbagai bidang dan menjalin hubungan diantara banyaknya bidang di dalam sebuah organisasi. Tidak adanya koordinasi akan menyebabkan munculnya konflik antara pihak-pihak yang sedang berhubungan karena adanya miss komunikasi misalnya. Oleh karena itu, bentuklah proses koordinasi yang baik di dalam organisasi anda karena sesungguhnya proses koordinasi sangat dibutuhkan dalam proses manajerial.

Related Post to Pengertian Koordinasi Dalam Manajemen