Pengertian Kesenian dalam Dunia Seni dan Estetika

Kesenian selalu dikaitkan dengan kebudayaan yang telah berkembamg secara berangsur-angsur dalam kehidupan sosio kultural. Sebagai bagian dari wujud budaya, maka tidak heran eksistensi keduanya saling melengkapi satu sama lain. Lalu apa ya pengertian kesenian? Kesenian disebut sebagai sarana yang dapat dijadikan media dalam mengekspresikan rasa keindahan yang berasal dari jiwa manusia. Tidak hanya itu saja, kesenian dapat digunakan untuk melanggengkan norma dan adat istiadat suatu masyarakat agar tidak lekang dimakan jaman. Maka tidak heran selain merujuk pada sisi estetika, kesenian menjadi simbol terhadap budaya suatu tempat. Seperti halnya berbicara mengenai Tari Kecak yang erat kaitannya dengan unsur budaya bali. Tarian yang diiringi dengan riasan dan busana menunjukan identitas budaya yang syarat akan makna. Kesenian tidak lagi berbicara mengenai pola komunikasi secara lisan atau sebaliknya tetapi mencakup segala hal yang meliputinya.

Apa itu pengertian kesenian?

Seni atau art tentu dikenal oleh semua orang. Bahkan bagi anda yang tidak berkecimpung dalam dunia seni Kesenian, bisa saja anda pernah melakukan kesenian. Mengapa demikian? Karena pada hakikatnya seni berbicara mengenai rasa. Seperti kajian ilmu di Eropa yang mengartikan bahwa art atau artvisial adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan. Membuat sebuah barang tanpa rasa keindahan tidak cukup dikatakan sebagai seni. Seni dapat kita rasakan atas unsur keindahan yang terkandung di dalamnya seperti pengertian kesenian yang disebutkan oleh Suharto Rijoatmojo, kesenian adalah segala sesuatu ciptaan manusia untuk memenuhi atau menunjukan rasa keindahan.

Berbicara mengenai pengertian kesenian kita tidak hanya membahas mengenai musik atau tari saja tetapi melihat unsur lain yang tersembunyi di balik buah kemampuan pikir yang dibarengi dengan kemampuan fisik manusia. Seperti halnya yang disebut oleh sebagian besar seniman. Menurut seniman, keseniaan merupakan hasil dari unsur budaya manusia. Budaya manusia tersebut tidak lain adalah rasa.

Jika Anda berniat menilik ke belakang Anda tentu akan melihat seberapa jauh perkembangan seni yang terjadi di Indonesia. Sebagai negara yang dikenal dengan warisan budayanya, Indonesia memiliki beragam kisah budaya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Ditengah kemajuan seperti saat ini, sejauh apa ya perbedaan kesenian masa lampau dan modern? Pertama, jika manusia purba membuat kesenian karena dipengaruhi kekuatan di sekitarnya, manusia modern membuat kesenian dari tujuan penciptanya yang tidak jarang digunakan sebagai wujud kepuasan pribadi. Kedua, unsur magis sangat kental pada kesenian masa lampau. Hal tersebut berdasar pada adanya kepercayaan magis sebagai wujud kebudayaan manusia seperti memuja alam. Lain halnya dengan kesenian saat ini yang jauh lebih berkembang dan sampai pada tahap dimana anda dapat menemukan kreasi dan inovasi teknologi. Sekian ulasan mengenai pengertian kesenian, semoga bermanfaat.

Related Post to Pengertian Kesenian dalam Dunia Seni dan Estetika