Pengertian Kemampuan Manusia dalam Berbagai Bidang

Berasal dari kata mampu, pengertian kemampuan memberikan pemahaman yang lebih atas sebuah kecakapam diri seseorang dalam melakukan suatu tindakan. Ability atau kemampuan selalu dikaitkan dengan seberapa dapatkah seseorang dalam melakukan sesuatu. Potensi tidak jarang menjadi kata yang bersinambung dengan kemampuan karena keduanya merupakan dasar dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan.Tanpa kemampuan dan potensi kita sebagai individu tidak dapat berbuat apa-apa. Untuk itu, kita perlu mengasah kemampuan dan potensi dalam diri kita agar sesuatu yang kita lakukan optimal.

Apa pengertian kemampuan?

Pengertian kemampuan menurut berbagai ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan terletak pada kemauan, kesanggupan, kecakapan dalam diri manusia untuk mengerjakan sesuatu. Sebagai dasar dalam diri kita kemampuan memberikan kita celah untuk berupaya dan berusaha dalam mencapai sesuatu. Kita tidak cukup hanya berdiam diri untuk menggapai sesuatu untuk itu kita harus mengetahui apa dan bagaimana kemampuan yang kita miliki seperti kemampuan yang dibagi menjadi dua kelompok berikut ini:

  1. Kemampuan intelektual

Kemampuan yang satu ini dikaitkan dengan kemampuan atau kecakapan yang dimiliki seseorang dalam berfikir. Dengan kemampuan berfikir, tindakan yang akan anda lakukan menjadi terarah dan dapat bekerja secara efisien karena tentunya manusia tidak dapat hanya mengandalkan kemampuan fisik saja dalam melakukan sesuatu. Kemampuan intelektual dapat juga diukur melalui IQ yang menunjukkan seberapa cerdas seorang manusia.

  1. Kemampuan fisik

Tidak dapat dipungkiri, kemampuan berfikir harus dibarengi pula dengan kemampuan fisik. Kemampuan fisik dapat anda gunakan untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan stamina dan tenaga.

Bagi anda yang tidak cukup optimis dalam melakukan sesuatu, yakinlah pada diri anda sendiri bahwa kemampuan dalam diri anda akan mengantarkan anda pada suatu keberhasilan. Kunci kemampuan seperti yang disebutkan pada pengertian kemampuan di atas terletak pada kemauan dan sikap optimis yang selalu ada dalam pikiran anda. Sugesti yang baik tentu akan mempengaruhi cara berfikir anda hingga sesuatu yang anda lakukan menjadi berarti. Untuk itu, jangan ragu untuk terus mencoba optimis dan menelaah seberapa jauh kemampuan anda dalam melakukan sesuatu.

Cara untuk menelaah seberapa besar kemampuan anda adalah dengan cara mencobanya. Seperti yang diungkapkan oleh Robbin yang mengartikan bahwa kemampuan merupakan sebuah kapasitas yang dimiliki oleh tiap-tiap individu untuk melaksanakan tugasnya. Lalu bagaimana cara melihat kapasitas yang dimiliki seorang individu? Setiap individu dapat melihat seberapa besar kemampuan dengan melakukan penilaian terhadap kecakapan yang mereka miliki. Praktik secara nyata akan memberikan gambaran bagaimana kemampuan yang anda miliki dapat anda optimalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Menarik bukan? Semoga informasi pengertian kemampuan di atas bermanfaat.

Related Post to Pengertian Kemampuan Manusia dalam Berbagai Bidang