Pengertian Kelompok Menurut Para Ahli

Manusia adalah makhluk sosial yang cenderung hidup kelompok, karena manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia membentuk kelompoknya masing-masing dan setiap kelompok akan memberikan dampak langsung terhadap manusia. Pengertian kelompok adalah sekumpulan manusia yang merupakan kesatuan dan memiliki identitas, dimana identitas tersebut dapat berupa adat istiadat dan sistem norma yang mengatur pola interaksi masyarakat manusia yang hidup di dalam masyarakat sendiri, kelompok terbagi menjadi beberapa golongan misalnya kelompok profesi, kelompok aliran, kelompok bermain dan sebagainya. Setiap kelompok juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Jika anda ingin mengetahui definisi kelompok lebih rinci lagi, maka ada beberapa definisi kelompok menurut ahli.

Pengertian Kelompok Menurut Ahli

Menurut Merton, kelompok yaitu sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan, sedangkan di dalam kelompok tersebut ada rasa solidaritas karena adanya nilai bersama dan adanya tanggung jawab bersama. Selain itu pengertian kelompok menurut Homans (1950) mengatakan bahwa kelompok merupakan sejumlah individu yang berkomunikasi satu dengan lainnya dalam jangka waktu tertentu yang jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga hal tersebut memberikan kesempatan bagi semua anggota untuk berkomunikasi secara langsung. Dan terakhir yaitu menurut Joseph De Vito (1997) kelompok adalah sekumpulan individu yang berhubungan satu sama lain yang memiliki tujuan bersama dan adanya organisasi atau struktur diantara mereka. Di dalam kelompok dikembangkan norma-norma yang dianggap sebagai dasar berperilaku anggotanya.

Jika dilihat dari beberapa definisi kelompok, maka dapat disimpulkan bahwa kelompok merupakan sekumpulan individu yang memiliki tujuan bersama. Tujuan tersebut ada yang berjangka  panjang dan pendek. Di dalam kelompok tertentu, untuk mencapai tujuan kelompok dibutuhkan pemimpin untuk membimbing anggotanya agar bisa bekerjasama untuk mencapai tujuan kelompok. Oleh sebab itu seorang pemimpin kelompok harus bisa menggandeng anggotanya dan bisa membaur dengan anggota lainnya. jika dilihat dari pengertian kelompok, seorang pemimpin dalam kelompok harus bisa menjalin pola komunikasi yang baik dengan anggotanya agar semua tujuan kelompok dapat tercapai.

Kelompok di dalam masyarakat terdiri dari beberapa kelompok. Misalnya kelompok bermain, kelompok ini merupakan sekelompok manusia yang memiliki tujuan bersama yaitu bermain. Kelompok ini biasanya terdiri dari anak-anak hingga remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain. Selain itu setelah membaca pengertian kelompok, ada juga kelompok profesi di masyarakat. kelompok profesi biasanya juga memiliki tujuan tertentu, misalnya melakukan kegiatan yang berkaitan dengan profesinya. Kelompok di dalam masyarakat bisa di contohkan melalui perkumpulan dawis ibu-ibu. Disana ibu-ibu yang berkumpul memiliki tujuan, yaitu untuk mendapatkan arisan dan menjalin silaturahmi antar tetangga. Oleh sebab itu setiap kelompok pasti memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai oleh para anggotanya.

Related Post to Pengertian Kelompok Menurut Para Ahli