Pengertian Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Jenis

Sebagai seseorang yang belajar lebih mendalam mengenai Ilmu Ekonomi, tentu kita sering mendengar tentang Kegiatan Ekonomi. Apa sebenarnya Kegiatan Ekonomi itu ? Apa definisi atau pengertian kegiatan ekonomi sebenarnya? Dan apa saja jenis-jenis yang termasuk dalam kegiatan ekonomi? Bagi sebagian orang, yang mungkin awam, jika mendengar kegiatan ekonomi mungkin hanya sebatas tentang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi atau malah mengerucut lagi yang berhubungan dengan uang saja. Untuk mengetahui apa sebenarnya pengertian atau definisi serta jenisnya, berikut pembahasannya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi dan Jenisnya

Definisi atau Pengertian kegiatan ekonomi bahwa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan ekonomi, juga dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Selain itu, kegiatan ekonomi juga dapat diartikan sebagai cara untuk mendapatkan maupun mencapai tujuan. Dalam hal ini barang dan jasa. Jadi, dapat dikatakan bahwa kegiatan ekonomi bertujuan untuk kemakmuran hidup individu.

Beranjak dari pengertian kegiatan ekonomi, kita masuk pada jenis atau macam-macam dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Nah, apabila Anda adalah salah satu siswa atau mahasiswa ekonomi, Anda pasti tidak asing dengan hal tersebut. Anda harus mampu memahami kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Bahkan, Anda juga dapat turut melakukan kegiatan produksi. Contohnya adalah apabila Anda ingin membuat usaha seperti menjajakan gorengan atau es lilin. Kegiatan ekonomi yang pastinya sering Anda lakukan adalah kegiatan konsumsi. Kegiatan ini dilakukan sehari-hari. Contohnya adalah ketika Anda ingin membeli pakaian atau bahkan jajanan. Jadi, Anda juga sebenarnya telah melakukan kegiatan ekonomi yang ada.

Kegiatan produksi secara sederhana dapat dipahami dalam dua galur yang sederhana, yaitu produksi dan distribusi. Dalam hal ini kegiatan produksi dapat berupa produksi yang berskala besar seperti produksi pabrik garmen dan pabrik rokok. Selain itu, proses produksi juga dapat dilihat pada proses pembuatan makanan yang ada di warung-warung tegal. Bahkan, ketika Anda membuat es lilin untuk dijajakan juga merupakan proses produksi. Nah produksi ini merupakan salah satu jenis produksi yang dapat dilakukan di rumah. Jadi, proses produksi tidak hanya dilakukan di pabrik-pabrik besar tapi juga di skala rumahan. Sementara itu, Anda juga harus memahami tentang pengertian kegiatan ekonomi. Dalam hal ini, kegiatan ekonomi yang dapat Anda lakukan dan pahami adalah kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan mengirim atau mengantar barang yang ada ke tempat penjualannya. Sebagai contoh, Anda dapat mengirim barang dagangan ke warung-warung. Dalam skala besar, pengiriman produk ke toko-toko dan swalayan dan pabrik.

Related Post to Pengertian Kegiatan Ekonomi : Definisi dan Jenis