Pengertian Jihad Menurut Islam Yang Sebenarnya

Pengertian jihad harus benar-benar dipahami oleh semua pihak agar tidak terjadi salah paham atar umat beragama khususnya agama Islam dengan agama lainnya karena akhir-akhir ini banyak pihak yang menganggap bahwa jihad merupakan sebuah tindakan yang radikal dan bahkan di sebut dengan aksi terorisme oleh kaum non Islam hal tersebut pastilah menyudutkan seluruh kaum Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam umat Islam arti kata jihad pun harus dicerna dengan baik agar kita sebagai umat Islam tidak menyalah artikan kata tersebut yang dampaknya justru akan menjadi buruk dan tidak sesuai syariat Islam khususnya jihad.

Pengertian Jihat Menurut Bahasa

Makna jihad menurut bahasa di ambil dari bahasa Arab yaitu kata juhdun yang berarti sebuah “kekuatan” dan jahada yang berarti sebuah “usaha” yang jika dijelaskan berarti pengertian dari jihad adalah sebuah usaha untuk mencapai jalan kebenaran sesuai yang diyakini dengan seluruh kemampuan dan kekuatan diri. Adapun beberapa pengertian tentang jihad yang di sampaikan oleh sahabat Nabi Muhammad Saw yaitu Ibnu Abbas bahwa jihad memiliki arti mencurahkan segala kemampuan dan kekuatan serta berusaha untuk membela ALLAH SWT dari hinaan atau cercaan orang lain atau agama lain dengan niat dan cara yang benar menurut agama islam. Dua pengertian tersebut memang masih terlihat rancu dan ambigu jadi di perlukan kebijakan dalam memaknainya.

Pengertian jihad menurut istilah memiliki sebuah arti yang cukup luas yaitu bisa dalam bidang apapun seperti mencari nafkah di jalan yang benar dan di ridhoi ALLAH SWT dan dalam bidang berperang terhadap orang kafir atau orang yang memusuhi agama Islam dan jauh dari rahmat Tuhan tentu saja dengan langkah dan jalan yang sesuai dengan syariat Islam. Menurut Ibnu Taimiyah hakikatnya sebuah jihad ialah mencurahkan segala kemampuan dan seluruh jiwa raga untuk selalu berada di jalan kebenaran baik melawan kejahatan maupun lainnya dengan niat dan tujuan yang hanya pada keridhoan ALLAH SWT.

Secara umum makna jihad tidak hanya di sandarkan pada perjuangan di dalam berberang atau urusan dengan kemiliteran tetapi bisa berarti untuk kehidupan sehari-hari kita seperti melawan hawa nafsu dalam segala bidang baik membelanjakan harta kekayaan, nafsu terhadap lawan jenis maupun lainnya.dalam kitab Al-Qur’an tercatata kata jihad tidak kata perang tetapi juga tentang kehidupan sehari-hari maka dari itu jangan selalu mengaitkan jihad dengan sesuatu yang buruk pada hal makna dari kata jihad bisa di bilang cukup baik untuk di lakukan khususnya bagi orang yang menginginkan pahala dan rahmat dari Tuhan kita yaitu ALLAH SWT. Pengertian jihad secara khusus memanglah berperang melawan kekafiran dan membela jalan kebenaran tetapi tetap disandarkan pada syariat Islam yang sudah di berikan oleh Nabi Muhammad Saw jadi tetaplah berfikiran bijak dan luas dalam memaknainya.

Related Post to Pengertian Jihad Menurut Islam Yang Sebenarnya