Pengertian ISP dan Fungsinya

Bagi sebagian orang yang terbiasa menggunakan jaringan internet, istilah ISP pasti bukanlah sebuah istilah yang asing. Bagi para pengguna jaringan internet, ISP merupakan rekanan dan juga produsen jasa untuk kegiatan internet mereka. Setiap orang yang menggunakan jaringan internet pasti akan berhubungan dengan perusahaan ISP.

Meskipun selalu digunakan, ataupun selalu bekerja sama dengan berbagai perusahaan ISP, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu ISP  dan fungsi ISP yang sebenarnya. Kebanyakan dari mereka hanya bisa menggunakan saja, tanpa memahami apa yang mereka gunakan. Lantas, apakah sebenarnya ISP itu? Apa fungsi dari ISP untuk manusia? Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut ini informasi mengenai ISP telah kami rangkum untuk Anda :

Pengertian ISP

ISP merupakan singkatan dari frasa kata Internet Service Provider. Jika diartikan satu per satu, maka Internet merupakan media komunikasi dan informasi berbasis online, Service merupakan layanan yang diberikan, dan Provider merupakan penyedia ataupun pemberi layanan. Jadi, jika diartikan dari kumpulan arti kata yang ada pada ISP, maka Pengertian ISP adalah penyedia layanan yang memberikan akses ke media informasi dan komunikasi berbasis online.

Jika diartikan secara singkat, maka ISP merupakan penyedia layanan internet. ISP dibutuhkan oleh setiap orang untuk bisa terhubung ke jaringan internet. Tanpa penyedia jasa penyedia layanan internet ini, maka setiap orang tidak akan bisa mengakses internet melalui media atau peralatan apapun.

Di Indonesia sendiri, ISP sering juga dijuluki dengan sebutan PIJI yaitu “Penyelenggara Jasa Internet”. Pemilik ataupun penyelenggara dari ISP adalah perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi. Kebanyakan perusahaan penyedia layanan internet adalah perusahaan penyedia layanan telepon. Keterkaitan antara kedua bidang usaha ini menjadikannya cenderung lebih mudah untuk dijalankan bersama-sama.

Fungsi ISP

Pada dasarnya, Intenet Service Provider memiliki fungsi dasar sebagai penyedia layanan sambungan internet. Jika dirinci dengan lebih dalam lagi, maka fungsi ISP adalah sebagai berikut :

  • Menyambungkan pengguna layanan mereka ke gateway internet yang paling dekat.
  • Media penyedia layanan jasa koneksi internet.
  • Penyedia perangkat modem yang dibutuhkan untuk dial-up koneksi internet.
  • Sebagai media yang menghubungkan pengguna internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW).
  • Sebagai media yang digunakan pengguna internet untuk mengirim surat elektronik (E-mail).
  • Sebagai media yang digunakan pengguna internet untuk melakukan komunikasi suara melalui internet.
  • Sebagai lokasi homepage untuk pengguna internet.
  • Sebagai media untuk melakukan kegiatan upload dan download data dari intenet.
  • Dan lain-lain

Mungkin hanya inilah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian ISP beserta fungsinya. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru mengenai dunia internet yang berguna.

Related Post to Pengertian ISP dan Fungsinya