Pengertian Input dan Input Device

Pengertian input yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukan data dan program yang akan di proses di dalam komputer. Input menjadi bagian dari sistem komputer karena sistem merupakan kesatuan dari beberapa komponen yang saling berkaitan dan saling terhubung. Sehingga dengan adanya input maka sistem komputer akan berjalan sesuai dengan keinginan. Input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu unit processor untuk diolah dengan tujuan menghasilkan informasi yang diperlukan. Sebuah perangkat input adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data kedalam komputer atau bisa dikatakan sebagai unit luar memasukkan data dari luar kedalam mikroprosesor.

Pengertian Input Device dalam Aplikasi

Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan di komputer, contohnya yaitu seperti keyboard dan mouse. Kedua perangkat keras tersebut adalah unit yang bisa menghubungkan antara pengguna dengan komputer. Jika dilihat dari pengertian input, maka input device berguna bagi pengguna untuk memasukan data kedalam sistem komputer menggunakan perangkat keras yang langsung terhubung ke komputer. Selain keyboard dan mouse, ada juga Harddisk, Flashdisk, Scanner, Cd dan lainnya yang juga merupakan sebuah bentuk input device. Data yang akan dimasukkan kedalam komputer juga melalui beberapa proses, seperti misalnya data yang ada di flashdisk untuk dimasukkan ke komputer perlu men-scan data agar terhindar dari virus komputer.

Dilihat dari pengertian input device, maka dapat disimpulkan bahwa input device berfungsi sebagai media atau perantara untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah dan bisa menghasilkan informasi yang diperlukan oleh user. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang bisa dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input yaitu berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data, juga bisa memasukkan program ke dalam komputer.

Setelah mengetahui mengenai fungsi dari input device, maka kini penjelasan tentang apa saja input device yang umumnya kita gunakan. Contohnya yaitu scanner, alat ini berfungsi untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang bisa dimanipulasi. Jika dilihat dari pengertian input, maka scanner menjadi salah satu alat yang memasukkan data berupa gambar kedalam sistem komputer. Nantinya gambar tersebut diproses di dalam sistem komputer dan akan menghasilkan output berupa hasil print out gambar. Selain itu alat berupa harddisk juga merupakan input device yang sering digunakan. Harddisk berguna untuk memasukan data apa saja, baik program ataupun data lain yang bisa diproses dalam sistem komputer.

Related Post to Pengertian Input dan Input Device