Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali menemukan istilah indikator. Dalam dunia pembelajaran/pendidikan saja misalnya. Ketika seorang siswa ingin melanjutkan pelajaran ke bab baru, siswa akan dihadapkan pada sebuah indikator pembelajaran. Indikator yang dicantumkan di setiap bagian awal bab pelajaran yang baru ini nantinya akan digunakan sebagai ukuran keberhasilan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan dalam buku tersebut.

Lantas apa sih sebenarnya indikator itu? Indikator pada dasarnya merupakan variabel kendali yang dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada sebuah kejadian ataupun kegiatan. Ada banyak pendapat yang mencoba untuk mengungkapkan definisi dari variabel, seperti contohnya adalah sebagai berikut :

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat berbagai lembaga dan juga para ahli mengenai definisi dari kata indikator :

  1. WHO

Menurut WHO, indikator merupakan variabel yang bisa membantu kita dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.

  1. Darwin Syah

Menurut Darwin Syah, Indikator merupakan tanda ataupun ciri yang menunjukkan siswa telah mampu memenuhi standar kompetensi yang diterapkan/berlaku.

  1. Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat

Menurut Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat, indikator dapat diartikan sebagai sebuah statistik dari berbagai hal yang bersifat normatif yang menjadi perhatian utama kita yang bisa membantu kita dalam membuat berbagai penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang terhadap berbagai macam kondisi dan juga berbagai macam aspek penting yang ada dalam kehidupan masyarakat.

  1. Buku Peunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (Kemenkes RI)

Menurut Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (Kemenkes RI), pengertian indikator dapat diartikan sebagai variabel yang bisa dipakai untuk mengevaluasi kondisi/keadaan/status serta memungkinkan dilakukannya tindakan pengukuran terhadap berbagai perubahan yang terjadi dari satu waktu ke waktu lainnya. 

  1. Wilson dan Sapanuchart

Menurut Wilson dan Sapanuchart, indikator merupakan sebuah ukuran secara tidak langsung dari sebuah kondisi/status yang terjadi. Contohnya, bobot / massa bada bayi yang disesuaikan dengan umur merupakan indikator dari gizi bayi tersebut.

  1. Green

Menurut Green, indikator merupakan variabel – variabel yang bisa menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya mengenai sesuatu kondisi tertentu, sehingga bisa dipakai untuk mengukur perubahan yang terjadi.

Dari berbagai definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian indikator adalah setiap karakteristik, ciri, ataupun ukuran yang dapat menunjukkan perubahan yang terjadi pada suatu bidang tertentu. Indikator sangat diperlukan agar setiap pelaku sebuah kegiatan dapat mengetahui sejauh mana kegiatan yang dilakukannya telah berkembang/berubah.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian indikator menurut para ahli yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk kehidupan Anda.

Related Post to Pengertian Indikator Menurut Para Ahli