Pengertian Ilmu Politik Melalui Berbagai Pendekatan

Berbicara mengenai negara, maka tidak akan lekang dari permasalahan politik. Negara memang merupakan salah satu panggung untuk para pelaku politik. Pemimpin-pemimpin negara harus benar-benar memahami bagaimana teknis untuk berpolitik secara benar dan baik. Tanpa kemampuan politik yang benar, maka sebuah negara tidak akan dapat berjalan dengan banar pula, atau bahkan mungkin akan mudah dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan politik asing.

Lantas bagaimanakan caranya agar pemimpin-pemimpin negara memiliki kemampuan politik yang baik dan benar? Satu-satunya jalan yang dapat dilakukan adalah dengan memahami dan mempelajari ilmu politik. Ilmu politik dapat dipelajari dan harus dipelajari oleh orang-orang yang ingin memimpin sebuah negara. Tidak hanya itu, pada dasarnya setiap orang wajib memiliki dasar ilmu politik agar tidak mudah dikendalikan oleh orang lain. Lantas sebenarnya apakah pengertian ilmu politik itu?

Ilmu politik pada dasarnya merupakan frasa kata yang terdiri dari dua kata yaitu ilmu dan politik. Jika diartikan berdasarkan dua frasa kata ini, maka dapat diartikan bahwa ilmu politik merupakan ilmu khusus yang membahas mengenai politik. Segala sesuatu yang berkaitan dengan politik akan dibahas dalam ilmu politik ini. Menurut pendapat saya sendiri, “Ilmu politik merupakan wadah untuk mempelajari bagaimana mengatur, mengelola, membuat, mengaplikasikan, dan mengendalikan berbagai kebijakan yang berkaitan terhadap sebuah negara beserta dengan personil-personil dan juga rekanan-rekanannya dengan baik dan benar, sehingga seluruh personil dan rekanan negara tersebut merasa saling untung dan diuntungkan”.

Ada banyak sekali definisi dari ilmu politik yang diungkapkan oleh para ahli. Beberapa Ahli membagi-bagi definisi mereka mengenai ilmu politik melalui berbagai pendekatan.

  1. Pendekatan Negara

Menurut Roger F. Sultau dalam bukunya berjudul ‘Introduction to Politics’, “Ilmu Politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut; hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lainnya”

  1. Pendekatan Kekuasaan

Menurut Haroled D. Laswell dan A. Kaplan dalam buku mereka ‘Power Society’ mengungkapkan bahwa “Ilmu politik adalah mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan”

  1. Pendekatan Pengambilan Keputusan

Menurut Joyce Mitchell dalam buku berjudul ‘Political Analysis anda Public Policy’ mengungkapkan bahwa “Ilmu Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya”

  1. Pendekatan Kebijaksanaan

David Easton dalam buku miliknya yang berjudul ‘The Polical System’ mengutarakan bahwa, “Ilmu Politik merupakan studi mengenai terbentuknya kebijaksanaan umum”

  1. Pendekatan Pembagian (Distribusi)

Dalam buku berjudul ‘Who Gets What, When and How’, Harold laswell menutarakan bahwa “Ilmu Politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.”

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian ilmu politik yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi yang kami bagikan ini dapat membantu Anda dalam mempelajari dasar-dasar dari ilmu politik ini.

Related Post to Pengertian Ilmu Politik Melalui Berbagai Pendekatan