Pengertian Ilmu Pendidikan dan Fungsinya

Perkembangan hasil pikiran atau buah pikir dari pemikiran manusia selalu berkembang, sehingga dalam menentukan batasan mengenai makna dan pengertian pun selalu berubah seperti misalnya pengertian ilmu pendidikan. Ada banyak hal yang mempengaruhi perubahan pemikiran mengenai pengertian maupun makna, yang mana salah satunya adalah berkembangnya pemikiran para ahli. Selain itu berkembangnya sistem pendidikan dan juga berkembangnya teknologi pun turut andil dalam perubahan yang terjadi pada perubahan pemikiran mengenai pengertian atau deskripsi dari ilmu pendidikan itu sendiri. Ilmu pendidikan sendiri dapat diartikan secara sederhana sebagai suatu kajian yang membahas secara detail mengenai pendidikan itu sendiri baik itu dari sisi pengertian pendidikan sampai pada sistem dan perkembangan dari pendidikan itu sendiri.

Pengertian Ilmu Pendidikan Menurut Para Ahli

Ilmu sendiri dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan yang menelaah dan mengkaji secara sistematik mengenai suatu hal. Menurut Nur Ubiyati ilmu dapat diartikan sebagai kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis dan memiliki metode yang bersifat ilmiah. Ada juga pendapat dari Ralph Ross bersama Ernest Van Den Haag yang mengatakan bahwa ilmu adalah empiris, umum, rasional serta tersusun yang kesemuanya saling berkaitan dan berhubungan. Menurut Prof. Drs. Harsoyo juga berpendapat bahwa ilmu merupakan akumulasi dari pengetahuan yang disistemasikan. Prof. Drs. Harsoyo juga menambahkan bahwa ilmu juga merupakan cara menganalisa yang memberikan kewenangan kepada para ahli untuk untuk menyatakan proposisi.

Pada pengertian ilmu pendidikan kita dapat menelaah satu persatu antara pengertian ilmu dan juga pendidikan. Berdasarkan deskripsi ilmu diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang secara rasional dan tersusun menjelaskan secara sistematis mengenai suatu hal dalam hal ini pendidikan. Sementara pendidikan sendiri menurut pendapat undang-undang dapat disimpulkan sebagai usaha yang terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran dan suasana belajar yang aktif untuk mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendailan diri, keagamaan, kepribadian, kecerdasan, dan lain-lain yang diperlukan masyarakat, bangsa, dan juga negara. Ada juga pakar yang menyebutkan pendidikan sebagai suatu penyesuaian diri untuk mengubah seseorang dapat menjadi lebih baik.

Dari beberapa pengertian ilmu dan juga pengertian pendidikan dapat kita tarik garis kesimpulan bahwa ilmu pendidikan adalah suatu kumpulan pengetahuan yang rasional dan tersusun secara rapi mengenai pendidikan dan kemudian menjelaskan secara sistematis dan terperinci mengenai suatu proses pembelajaran yang aktif untuk menghasilkan individu yang memiliki kekuatan, kemampuan, kecerdasan, dan segala hal yang diperlukan untuk menjalani kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Sekian beberapa pengertian ilmu pendidikan yang dapat kami rangkum dan kami simpulkan dari beberapa pendapat para pakar pendidikan supaya dapat anda pahami, semoga informasi ini dapat berguna bagi anda.

Related Post to Pengertian Ilmu Pendidikan dan Fungsinya