Pengertian Ilmu Kalam dalam Islam

Indonesia adalah negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Bahkan, Indonesia adalah negara yang memiliki pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Hal tersebut tentulah menjadi kebanggaan bagi umat Islam di Indonesia. Namun sayangnya, dibalik predikat tersebut, belum semua muslim di Indonesia mengerti dengan baik agama yang dipilihnya. Contohnya saja pengertian ilmu kalam yang belum banyak diketahui. Maka untuk menambah pengetahuan anda, artikel ini akan memaparkan ilmu kalam secara sederhana.

Pengertian Ilmu Kalam dan Penerapannya

Pengertian ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang keimanan. Sedangkan iman memiliki arti percaya. Umat Islam sendiri memiliki rukun iman yang menjadi landasan kepercayaan terhadap agama Islam. Jika kita sebagai muslim telah mempercayai rukun islam sepenuhnya, maka kita akan menjalankan kewajiban sebagai muslim dengan ikhlas dan penuh kesadaraan tanpa rasa terpaksa, baik kewajiban yang wajib maupun sunnah. Dengan iman pun kita juga selalu ingat untuk menjadi seorang muslim yang sesungguhnya yaitu seorang muslim yang menjalankan kewajiban seperti sholat, puasa, membayar zakat, dan amalan lainnya. Setelah menjalankan kewajiban, kita juga harus menjauhi larangan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Larangan dalam agam Islam contohnya seperti berbohong, mencuri, berzina, dan lain-lain. Yang jelas setiap agama, bukan hanya Islam saja, juga memiliki kewajiban dan larangan yang harus diingat dalam kehidupan sehari-hari. Yang jelas tujuan dari kewajiban dan larangan tersebut pasti membawa manusia menjadi manusia yang lebih baik.

Meskipun seseorang telah memahami pengertian ilmu kalam, namun bukan berarti orang tersebut memiliki kadar keimanan yang tinggi karena keimanan antar individu pastinya berbeda. Ada individu yang menjalankan seluruh kewajiban dalam agama dan menjauhi seluruh laranganNya. Ada juga individu yang menjalankan kewajiban agama tetapi tetap melakukan laranganNya, bahkan ada juga individu yang tidak menjalankan kewajibannya. Hal tersebut dikarenakan tidak ada manusia yang sempurna di Bumi ini. Tugas manusia dengan adanya fenomena tersebut adalah mengingatkan saudara seimannya untuk kembali ke jalan yang benar dan dianjurkan oleh agama.

Pengertian ilmu kalam secara lebih mendalam dan detail dapat anda temukan dan pelajari secara otodidak melalui berbagai buku yang mengkaji tentang agama atau di berbagai blog islami yang saat ini sedang marak. Selain memakai cara otodidak, anda juga dapat mempelajarinya dengan menghadiri pengajian di Masjid. Dengan mencari pengetahuan tersebut, maka ilmu agama anda akan bertambah dan tentunya mendapat pahala karena mencari ilmu di jalanNya. Semoga setelah membaca artikel ini, kadar keimanan yang anda miliki akan bertambah dan kelak kita dapat menikmati nikmat akherat yang telah dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang yang beriman. Demikian penjelasan mengenai ilmu kalam. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Ilmu Kalam dalam Islam