Pengertian Hukum Pidana Indonesia

Setiap negara memiliki hukum dan dasar hukum yang berbeda-beda. Pelaksana dan pelaksaannya pun berbeda sesuai apa yang mendasarinya. Di Indonesia sendiri, hukum merupakan suatu hal yang penting karena Indonesia merupakan negara hukum. Hukum di Indonesia dibagi menjadi 2 konsentrasi yaitu hukum perdata dan pidana. Bagi mahasiswa yang memilih jurusan hukum ataupun seseorang yang bekerja di bidang hukum seperti notaris, hakim, dan pengacara, hal tersebut adalah hal yang mutlak untuk mereka ketahui sejak awal mereka mempelajari hukum. Namun bagi orang yang tidak pernah mempelajari hukum sama sekali, pastilah pengertian hukum pidana dan perdata sangat jarang didengar. Maka agar pembaca sekalian tidak gagap hukum, artikel ini akan menjelaskan secara sederhana pengertian dari salah satu konsentrasi hukum di Indonesia, yaitu hukum pidana.

Pengertian Hukum Pidana dan Aturan Pelaksanaannya

Pengertian hukum pidana adalah aturan yang menentukan kegiatan apa saja yang termasuk ke dalam tindakan pidana, serta hukuman yang menyertainya. Jadi, di hukum pidana inilah terdapat aturan yang berisi boleh tidaknya suatu perbuatan dilakukan. Saat seseorang melanggar sebuah aturan, maka pidana juga menentukan apa dan kapan hukuman kepada orang yang melanggar aturan itu diberikan. Dengan begitu tidak akan ada kesalahan dalam penentuan hukuman karena telah berdasar pada suatu landasan hukum tertentu.

Semua hukum, bukan hanya hukum pidana saja, dalam pelaksanannya harus dilakukan secara adil. Pihak yang benar tidak boleh dinyatakan bersalah dan pihak yang salah harus diadili sesuai hukum yang berlaku. Namun dalam pelaksanaan hukum saat ini, sering kita dengar penyimpangan yang dilakukan entah secara sengaja atau tidak oleh para pelaku hukum. Saat ini pihak yang benar dapat disalahkan sedangkan pihak yang salah dapat dibenarkan. Hal tersebut membuat tujuan dari hukum yaitu mengatur, tidak berfungsi seperti apa yang diharapkan. Masyarakat yang telah mengetahui pengertian hukum pidana, tentunya diharapkan untuk tidak sekedar mengetahuinya saja, tetapi juga mentaatinya sesuai sikap warga negara yang baik.

Banyak literatur dan buku-buku yang membahas tuntas pengertian hukum pidana. Belum lagi dengan adanya jaringan internet yang memudahkan proses belajar dan mencari sebuah informasi. Dengan terbuka lebarnya kesempatan untuk mempelajari hukum, semua warga negara seharusnya bisa menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi hukum yang telah dibuat. Untuk mencapai tujuan dari hukum, dibutuhkan kerja sama antara masyarakat dengan aparat penegak hukum. Aparat penegak hukum bertugas untuk mengingatkan dan menghimbau masyarakat agar bertindak sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan masyarakat harus menumbuhkan kesadaran di dalam dirinya masing-masing untuk tidak melanggar aturan. Setelah aparat penegak hukum dan masyarakat bekerja sama melakukan tugasnya, maka bukan tidak mungkin jika negara tersebut akan berdiri dengan makmur karena terdapat keadilan yang ditegakkan.

Related Post to Pengertian Hukum Pidana Indonesia