Pengertian Hukum Islam dan Manfaatnya

Agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan sebuah aturan yang membatasi setiap perbuatan yang dilakukan seorang individu. Aturan tersebut bisa terdapat dalam bentuk nilai, norma, kebiasaan, adat istiadat, dan yang formal adalah hukum. Materi tentang hukum tidak hanya dapat anda temukan pada materi hukum nasional seperti hukum pidana, atau hukum perdata saja. Di dalam sebuah agama juga pasti memiliki hukum yang mendasari, termasuk agama Islam, yang pasti hukumnya berbeda dengan hukum di dalam cakupan negara karena bersumber dari Allah SWT. Pada dasarnya, hukum berisi tentang suatu aturan yang tidak boleh kita langgar dan harus ditaati. Begitu juga dengan hukum Islam. Sebagai seorang muslim, kita harus menaati dan mengetahui apa pengertian hukum Islam agar kita bisa berjalan di jalan yang ditetapkan Allah SWT.

Pengertian Hukum Islamdan Manfaat Menjalaninya

Pengertian hukum Islam adalah ketentuan perintah dari Allah baik yang wajib, haram, maupun mubah. Hukum Islam bersumber dari ayat Al-Qur’an dan hadits. Setiap perintah yang dianjurkan oleh Allah memiliki hukum yang berbeda-beda. Hal tersebutlah yang menentukan bagaimana seharusnya sikap kita dalam menjalani kewajiban tersebut. Maka dari itu, sebelum menjalani suatu amalan, ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu apa hukum yang mendasarinya. Manfaat yang dapat diraih bila kita memahami dan mentaati hukum Islam adalah kehidupan yang lebih teratur serta terarah. Dengan mentaati hukum Islam, kita juga bisa mengetahui mana perbuatan yang bermanfaat, disukai oleh Allah, dan mendapat pahala, serta kita juga mengetahui perbuatan mana yang tidak disukai oleh Allah karena menupakan perbuatan yang tercela dan jika dilakukan akan menambah dosa.

Di dalam Islam, semua umat muslim adalah saudara. Dan kewajiban dari seorang muslim adalah saling mengingatkan kepada saudara seiman. Jadi bagi anda yang telah mengetahui pengertian hukum Islam, sangat diharapkan jika anda mengingatkan dan menyebar luaskan ilmu tersebut terhadap muslim yang lain. Selain medapat pahala karena berdakwah, anda juga bisa bertukar pikiran dengan orang yang anda ingatkan tersebut. Jika perlu, buatlah sebuah kelompok pengajian yang menjadi wadah untuk anda saling mengingatkan berbagai amalan yang bisa dilakukan.

Setiap ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang pengertian hukum Islam. Namun pengertian diatas adalah pengertian yang disimpulkan dari berbagai pendapat yang ada. Tetapi jika anda ingin mengetahui pengertian lain dari para ulama, anda bisa mencarinya di buku tentang hukum Islam yang pastinya banyak beredar di pasaran. Atau bila ingin lebih praktis, anda bisa langsung mendatangi seorang kyai yang anda kenal ataupun mengikuti pengajian-pengajian yang sering diadakan di Masjid.

Related Post to Pengertian Hukum Islam dan Manfaatnya