Pengertian Hasil Belajar beserta Faktor Penentunya

Belajar merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Melalui kegiatan belajar, manusia bisa mendapatkan berbagai macam ilmu, keterampilan, serta kemampuan. Berbagai hal yang didapatkan dari kegiatan belajar ini selanjutnya akan menjadi bekal yang penting dalam proses pembentukan sifat, sikap dan juga kepribadian.

Untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar yang telah dilakukan, biasanya sekolah melakukan kegiatan ujian di masa-masa akhir pelajaran. Hasil dari ujian ini nantinya akan dijadikan laporan dan pedoman yang menunjukkan tingkat keberhasilan dari peserta didik dalam menyerap pelajaran yang diberikan.

Pengertian Hasil Belajar menurut Para Ahli

Winarno Surakhmad (1980)

Menurut Winarno Surakhmad, hasil belajar siswa untuk mayoritas orang adalah ulangan ataupun ujian akhir. Ulangan ataupun ujian akhir ini dilakukan demi terlihatnya indeks tingkat keberhasilan seorang siswa dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan.

Winkel (1989)

Menurut W. Winkel, hasil belajar adalah keberhasilan yang didapatkan oleh seorang siswa berupa prestasi di sekolah yang ditunjukkan dalam bentuk indeks satuan angka.

Dari dua pendapat ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian hasil belajar adalah sebuah parameter tingkat keberhasilan proses belajar yang ditunjukkan oleh besaran angka yang didapatkan dalam kegiatan ujian, dan juga perubahan tingkah laku yang terjadi dari seorang siswa.

Faktor Penentu Hasil Belajar

Setidaknya, ada 3 faktor penentu yang mempengaruhi hasil belajar seorang manusia. 3 faktor tersebut yaitu diantaranya :

  1. Faktor Internal

Faktor internal dalam belajar berhubungan dengan psikologis dan juga fisiologis manusia. Agar kegiatan belajar menjadi lebih efektif ataupun berhasil, seseorang harus memiliki dasar fundamental psikologis dan fisiologis yang kuat. Motivasi, keyakinan, dukungan, minat, sikap, bakat, dan kepribadian yang baik sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar. Tidak lupa pula, tubuh yang sehat juga merupakan sebuah keharusan yang juga tidak kalah pentingnya dalam proses belajar.

  1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal berkaitan dengan kondisi lingkungan dan juga masyarakat yang ada di lokasi kegiatan belajar. Agar kegiatan belajar berjalan dengan sukses, maka kedua elemen eksternal ini harus mendukung kegiatan belajar yang sedang dilakukan. Lingkungan yang kondusif, bersih, sehat, dan tertata rapi disertai dengan teman-teman, guru dan keluarga yang memberikan dukungan, dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan efektif.

  1. Faktor Pendekatan Belajar

Faktor penentu hasil belajar yang terakhir berkaitan dengan metode ataupun pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang guru ataupun anak didik harus mengetahui metode belajar yang paling sesuai untuk muridnya ataupun untuk dirinya sendiri.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian hasil belajar beserta faktor penentu hasil belajar yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi dan manfaat untuk Anda yang membacanya.

Related Post to Pengertian Hasil Belajar beserta Faktor Penentunya