Pengertian Hacker dan Perbedaanya dengan Cracker

Ada banyak istilah dalam dunia internet salah satunya adalah istilah hacker. Pengertian hacker pun beragam. Masing-masing orang memiliki pengertiannya sendiri, namun kebanyakan memiliki pengertian yang berkonotasi negatif. Di dalam masyarakat hacker memang dipandang sebagai kegiatan yang negatif dimana hacker dipandang sebagai orang yang menyelundup masuk ke sistem milik seseorang dan melakukan hal-hal negatif terhadap sistem tersebut. Padahal hacker harusnya tidak memiliki pengertian yang negatif. Dalam istilah duia internet ada juga istilah untuk orang yang melakukan tindak kejahatan terhadap sistem komputer namun memiliki nama lain yaitu cracker, bukan hacker. Jadi apa pengertian dari hacker sendiri dan selanjutnya apa perbedaannya dengan cracker, apakah sebatas dalam tujuannya yang positif dan negatif atau lebih dari itu, mari kita ulas dalam uraian beikut ini.

Pengertian Hacker dan Cracker Serta Perbedaannya

Hacker memiliki pengertian sebagai orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, dan menerobos ke dalam sistem komputer dan jaringan milik orang lain. Dari pengertian hacker tersebut dapat dilihat bahwa hacker bukanlah merupakan sebutan bagi mereka yang melakukan kejahatan. Mereka hanyalah seseorang yang memiliki keinginan untuk mempelajari kerja sistem komputer dan jaringan untuk memahami dan mengetahuinya. Istilah hacker tentu menunjuk pada mereka yang ahli dalam hal sistem komputer dan jaringan. Bukan semata-mata menunjuk pada orang yang melakukan kejahatan, namun kepada mereka yang memiliki kemampuan. Baik kemampuan tersebut nantinya digunakan untuk hal positif maupun negatif tergantung dari oknumnya. Bisa saja kemampuan tersebut digunakan untuk mengamankan negara, maka artinya kemampuan hacker digunakan untuk hal positif.

Sementara orang yang menggunakan kemampuan membuka sistem komputer dan jaringan orang lain dengan tujuan yang negatif adalah cracker. Sehingga cracker memiliki pengertian sebagai sebutan untuk seseorang yang masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan orang lain dengan tujuan destruktif atau merusak. Cracker secara sengaja melawan keamanan dari komputer milik orang lain, bahkan sampai menghapus, mencuri data orang lain demi keuntungan sendiri. Namun istilah cracker cukup jarang digunakan karena kebanyakan orang menganggap bahwa yang melakukan hal tersebut disebut dengan istilah hacker. Maka hacker lebih dikenal dengan dua jenis yaitu white hat hacker dan black hat hacker.

White hat hacker menunjuk pada hacker yang menggunakan kemampuannya untuk melindungi sebuah sistem komputer atau menggunakan kemampuannya dalam hal positif. Lalu istilah yang kedua adalah black hat hacker. Istilah ini tentu bertentangan dengan istilah sebelumnya. Jika white hat hacker menggunakan kemampuannya untuk melindungi maka black hat hacker menggunakannya untuk merusak sustu sistem komputer milik orang lain. Dari pengertian tersebut tentu bisa dilihat bahwa kedua jenis hacker ini memiliki tujuan yang bertentangan. Itulah sedikit tentang pengertian hacker dan perbedaanya dari cracker.

Related Post to Pengertian Hacker dan Perbedaanya dengan Cracker