Pengertian Guru dan Karakteristik Guru

Berbicara masalah kehidupan, maka tidak akan terlepas dari kata guru. Guru merupakan pondasi utama dari setiap proses pembelajaran yang terjadi di kehidupan. Apa dan bagaimana guru mengajarkan kehidupan kepada muridnya akan sangat berdampak terhadap keseluruhan kehidupan dari muridnya. Untuk itu, Guru harus benar-benar memahami apa dan bagaimana cara menjadi guru yang baik, benar, dan tepat.

Meskipun semua orang mengenal kata guru, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang tidak mengerti arti kata guru yang sebenarnya. Lantas apakah arti guru yang sebenarnya? Berikut ini rangkuman informasi mengenai arti kata guru yang telah kami siapkan untuk Anda :

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Ahmadi (1977)

Menurut Ahmadi, pendidik ataupun guru merupakan sosok yang berperan sebagai pembimbing dalam proses belajar mengajar. Guru harus dapat menghadirkan kondisi dan situasi proses belajar mengajar yang dapat mendorong dan membangkitkan semangat siswanya sehingga siswa mampu menyadari kecakapan dan peluang prestasi yang mungkin didapatkannya.

Mulyasa (2003)

Menurut E. Mulyasa, pendidik haruslah memiliki standar kualifikasi akademik dan kompetensi agen pembelajaran, sehat secara jasmani dan rohani, serta memiliki kemauan dan kemampuan yang besar dalam proses perwujudan tujuan pendidikan nasional.

Dri Atmaka (2004)

Menurut Dri Armaka pendidik merupakan manusia dewasa yang memiliki tugas sebagai pemberi pertolongan untuk setiap anak didik dalam proses perkembangan jasmani dan rohani dari setiap anak didik tersebut. Untuk bisa memenuhi tugas ini, seorang pendidik harus mampu menopang dirinya sendiri, melaksanakan tugasnya terhadap Tuhan-nya, dan melaksanakan tugas sebagai mahluk sosial serta mahluk individu yang mandiri.

Husnul Chotimah (2008)

Menurut Husnul Chotimah, pengertian guru adalah orang yang memberikan fasilitas dalam kegiatan transfer ilmu pengetahuan dari sumber ilmu ke peserta belajar.

Karakteristik yang Melekat pada Guru

Menurut Drs. Moh. Uzer Usman (1996) ada beberapa karakteristik yang melekat pada profesi guru. Beberapa karakteristik dan ciri tersebut yaitu :

  • Guru harus memiliki fungsi dan signifikasi sosial untuk masyarakat yang ada di sekitarnya.
  • Guru membutuhkan keterampilan khusus yang dapat diperoleh melalui proses pendidikan yang bertanggung jawab dan juga dapat dipertanggung jawabkan.
  • Guru harus memiliki kompetensi yang ditopang oleh sebuah fokus disiplin ilmu tertentu (a systematic body of knowledge)
  • Profesi guru harus memiliki kode etik yang melekat dan mengikat dimana ketika kode etik ini dilanggar, maka ada sangsi tegas terhadap pelanggarnya.
  • Guru berhak mendapatkan imbalan berupa kompensasi secara material ataupun finansial sebagai balas jasa dari apa yang telah dilakukannya.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian guru beserta dengan karakteristik pada profesi guru yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Related Post to Pengertian Guru dan Karakteristik Guru