Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi

Kata Globalisasi merupakan kata serapan yang berasal dari sebuah kata berbahasa Inggris yaitu Globalization yang artinya sebuah proses menuju universal. Jika dimaknai secara lebih mendalam, maka globalisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses menuju dunia global dimana setiap penduduk di seluruh dunia dapat saling terhubung dan juga saling berinteraksi antara satu sama lainnya tanpa memperhatikan jarak yang memisahkan. Selain definisi ini, ada banyak sekali pendapat para ahli yang mencoba untuk mendefinisikan pengertian dari kata globalisasi.

Pengertian Globalisasi menurut Para Ahli

  1. Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, Globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar penduduk di seluruh penjuru dunia. Globalisasi bertujuan untuk mengikuti kaidah dan sistem tertentu yang berlaku di seluruh dunia seperti PBB dan OKI.

  1. Thomas L. Freidman

Menurut Thomas L. Freiman, Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan juga dimensi teknologi. Dimensi ideologi mencakup kapitalisme dan sistem pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi mencakup perkembangan dunia teknologi informasi yang telah menghubungkan seluruh penjuru dunia.

  1. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, globasisasi merupakan sebuah proses yang meliputi sebab, proses, kasus, dan konsekuensi dari hubungan transnasional dan juga transkultural dalam kegiatan yang berkaitan dengan manusia maupun yang tidak terkait dengan manusia.

  1. Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens, Globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial yang terjadi di seluruh dunia, sehingga setiap daerah menjadi saling terhubung dan bisa saling berinteraksi tanpa memandang berbagai macam batasan dan juga perbedaan.

  1. Malcom Waters

Menurut Malcom Waters, pengertian globalisasi adalah sebuah proses sosial yang membuat kesadaran pada setiap orang sehingga berpikiran bahwa segala macam pembatasan geografis dalam kehidupan sosial dan budaya menjadi tidak diperhatikan dan dianggap tidak penting.

  1. Emanuel Ritcher

Menurut Emmanuel Ritcher, Globalisasi merupakan jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar dan terisolasi hingga menjadi terhubung / berinteraksi sehingga ada rasa saling ketergantungan di antaranya dan berakhir pada persatuan seluruh umat di dunia.

  1. Laurence E. Rothenberg

Menurut Laurence E. Rothenberg, pengertian globalisasi merupakan percepatan ataupun intensifikasi pada interaksi dan integrasi yang terjadi pada orang-orang, perusahaan, dan pemerintahan dari negara yang berbeda.

Dampak Globalisasi

  1. Dampak Positif
  • Ilmu Pengetahuan menjadi lebih cepat berkembang
  • Informasi menjadi lebih mudah tersebar dan diketahui oleh banyak orang
  • Taraf hidup masyarakat bisa lebih ditingkatkan ke arah yang lebih baik
  • Masyarakat menjadi lebih maju dan pemikiran masyarakat menjadi lebih terbuka lebar
  1. Dampak Negatif
  • Masyarakat menjadi lebih konsumtif
  • Sifat individualistik yang meraja lela di masyarakat
  • Kesenjangan sosial menjadi lebih terlihat
  • Kriminalitas menjadi lebih merajalela

Itulah beberapa pengertian globalisasi beserta dengan dampak yang ditimbulkannya. Semoga bermanfaat!

Related Post to Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi