Pengertian Genetika dan Sejarah Perkembangannya

Setiap orang dilahirkan dengan gen yang berbeda-beda. Tidak ada satu manusia pun yang terlahir dengan gen yang sama persis dengan gen yang dimiliki oleh manusia lainnya. Meskipun setiap manusia memiliki gen yang berbeda-beda, akan tetapi pada dasarnya gen seorang manusia diwariskan dari gen yang dimiliki oleh orang tuanya. Setiap anak yang dilahirkan biasanya memiliki gen yang mirip dengan gen yang dimiliki oleh orang tuanya.

Sifat turun temurun gen dari orang tua kepada keturunan yang dilahirkannya dipelajari dalam suatu disiplin cabang ilmu Biologi yaitu ilmu genetika. Dalam ilmu genetika, kita dapat mempelajari asal muasal timbulnya gen yang dimiliki oleh makhluk hidup.

Lantas apa sebenarnya pengertian genetika itu? Dan bagaimanakah alur sejarah perkembangan ilmu genetika hingga bisa digunakan seperti sekarang ini?

Defenisi dan Pengertian Genetika

Kata genetika pada dasarnya merupakan kata saduran yang diambil dari bahasa Inggris yaitu kata genetics. Kata genetics sendiri berasal dari salah satu kata yang ada dalam Bahasa Yunani yaitu Genno yang memiliki arti melahirkan. Jika diartikan dari arti katanya, maka genetika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk lahirnya gen makhluk hidup.

Jika diartikan secara lengkap, pengertian genetika adalah sebuah cabang ilmu biologi yang terfokus pada bidang pewarisan sifat yang terjadi pada organisme makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan manusia) maupun suborganisme makhluk hidup (virus dan prion). Sederhananya, genetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gen dan berbagai macam aspek yang terkait dengannya.

Sejarah Perkembangan Genetika

Istilah genetika pertama kali digunakan pada Tahun 1906 oleh Adam Chadwick, tepatnya dalam acara konferensi internasional yang membahas mengenai genetika. Adam Chadwick sendiri pada dasarnya menemukan istilah genetika dari seorang ilmuan yang bernama Wiliam Bateson melalui surat yang ditulis untuknya.

Istilah genetika sendiri pada dasarnya didapatkan dari konsep gen dan konsep pewarisannya yang terlebih dahulu telah ditemukan. Konsep genetika sering kali disebut – sebut mulai berkembang sejak awal tahun 1900, saat salah satu tulisan Gregor Mendel ditemukan kembali. Pada awal perkembangannya banyak orang yang menyakini konsep ini ditemukan oleh Gregor Mendel. Padahal, jika dikaji secara lebih mendalam, konsep teori pewarisan ataupun hereditas telah ditemukan dan digunakan sejak zaman prasejarah.

Pada zaman prasejarah, orang-orang kuno telah mengaplikasikan temuan mereka yang mana antar anggota keluarga tidak diperbolehkan melakukan perkawinan. Orang-orang di masa itu percaya bahwa perkawinan antar anggota keluarga akan menghasilkan keturunan yang buruk.

Setelah beberapa ribu tahun setelahnya, barulah muncul berbagai macam teori yang dikemukakan oleh para ahli di bidang biologi mengenai teori pewarisan gen dari orang tua ke keturunannya, yang hingga saat ini masih terus digunakan.

Itulah defenisi dan pengertian genetika dan sejarah perkembangannya. Semoga bermanfaat!