Pengertian File dan Jenis-jenis File pada Komputer

Bagi para pengguna komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata file. Setiap pengguna komputer pasti selalu berurusan dengan kata yang satu ini. Hal ini memang wajar saja mengingat komputer memang diciptakan untuk mengolah file-file yang dibutuhkan oleh manusia. Meskipun hampir semua pengguna komputer mengenal kata file, akan tetapi pasti ada banyak dari mereka yang tidak mengetahui pengertian file itu sendiri. Lantas apakah file itu?

File merupakan data yang ada pada komputer. Setiap data yang ada pada komputer dapat dikategorikan sebagai file. File tidak hanya terbatas pada data-data tertentu saja. Setiap data baik itu data gambar, data angka, data kata, data video, data suara, data aplikasi, dan data-data lainnya merupakan sebuah file.

Jenis-jenis File pada Komputer :

Setelah mengetahui pengertian file, selanjutnya kita akan membahas mengenai jeni-jenis file pada komputer. Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, komputer dipenuhi dengan berbagai macam file dari berbagai macam data pula. Jenis-jenis file yang ada pada komputer sangat banyak jumlahnya. Tidak semua jenis file dibutuhkan secara langsung oleh manusia. Ada beberapa ekstensi file yang tidak berkaitan langsung dengan pengguna komputer, seperti halnya berbagai file untuk aplikasi.

Lantas apa sajakah jenis-jenis file yang berkaitan langsung dengan pengguna komputer? Berikut ini jenis-jenis file yang kami kelompokkan berdasarkan jenis data / ekstensi nya :

Suara               : wav, mp3, midi, dll

Video              : mp4, flv, 3gp, mepeg, mwv, avi, dll

Gambar           : jpeg, jpg, png, gif, tiff

Dokumen        : doc, docx, txt, xls, pdf, ppt, dll

System             : exe, sys, bak, dat, com, dll

Beberapa jenis file diatas hanya merupakan sebagian contoh dari ekstensi file. Masih ada banyak lagi jenis-jenis file lain yang tidak dapat disebutkan satu-persatu di tulisan ini.

Untuk mempermudah penggunaan komputer, biasanya file akan dikelompokkan berdasarkan jenis ekstensi file tersebut. File-file yang memiliki ekstensi yang sama akan digabung di dalam sebuah folder sehingga ketika pengguna komputer ingin mencari sebuah file, penggunanya tinggal mencarinya di folder yang sesuai saja. Dengan cara ini pengguna komputer dapat mencari file yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian file dan juga jenis-jenis file pada komputer yang dapat kami bagikan untuk Anda. Perlu Anda ketahui, beberapa jenis file yang terdiri dari data yang sama biasanya dapat diubah ekstensi filenya. Misalnya sesama file video, file video berformat ekstensi mp4 dapat diubah menjadi file video berformat 3gp. Pengubahan format ini biasanya dilakukan untuk mempermudah pengguna komputer dalam pengelolaan file. Beberapa jenis ektensi file komputer terkadang tidak dapat dibuka di ponsel, dan dengan mengubah jenis file ekstensinya, file tersebut menjadi bisa dibuka dan ditampilkan di ponsel.

Related Post to Pengertian File dan Jenis-jenis File pada Komputer