Pengertian Ekonomi Islam Menurut Para Ahli

Ekonomi Islam saat ini menjadi sebuah ilmu yang sedang dipelajari atau sedang banyak diminati. Ilmu yang didasarkan pada ajaran – ajaran Islam, khususnya di Bidang Ekonomi, mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan – kegiatan ekonomi. Ekonomi Islam tentu memiliki “takaran” atau ukuran yang pas yang menguntungkan mereka yang melakukan kegiatan ekonomi. Dan dijamin ilmu ini sah secara agama, atau dengan kata lain tidak berdosa karena tidak melanggar aturan – aturan yang sudah ditetapkan. Lalu, sebenarnya apa pengertian Ekonomi Islam tersebut? Berikut beberapa pengertian Ekonomi Islam

Pengertian Ekonomi Islam : Definisi, Tujuan dan Prinsip Dasar

Apabila ditanyakan mengenai pengertian Ekonomi Islam, tentu tidak akan ada habisnya. Pengertian atau definisi ekonomi Islam telah dijelaskan atau disebutkan oleh beberapa ahli. Berikut beberapa ahli yang memberi pengertian atau mendefinisikan tentang ekonomi Islam.

  1. Menurut Muhammad Abdul Manan, Ekonomi Islam adalah Sebuah Cabang Ilmu Pengetahuan Sosial yang mempelajari mengenai masalah-masalah ekonomi masyarakat yang diangkat dari nilai-nilai islam. Muhammad Abdul Manan mengatakan bahwa Ekonomi Islam merupakan bagian dari suatu tata kehidupan lengkap yang didasarkan pada empat bagian nyata dari pengetahuan, yaitu Alquran, sunnah, ijma dan qiyas.
  2. Selain Muhammad Abdul Manan, Hasanuz Zaman juga mengungkapkan tentang Pengertian Ekonomi Islam. Ekonomi Islam merupakan pengetahuan, aplikasi dan aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam permintaan dan pembuangan sumber daya material untuk memberikan kepuasan kepada manusia. Tidak hanya itu, Ekonomi Islam juga memungkinkan mereka untuk melakukan kewajiban mereka kepada Allah dan masyarakat.
  3. Monzer Kahf juga mengungkapkan tentang Pengertian Ekonomi Islam. Bahwa Ekonomi Islam adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang mempunyai sifat interdisipliner. Dalam arti kajian ekonomi islam ini tidak dapat berdiri sendiri tetapi perlu penguasaan yang baik dan mendalam terhadap ilmu-ilmu syariah dan ilmu pendukungnya. Bagi yang lintas keilmuan termasuk di dalamnya terhadap ilmu-ilmu yang berfungsi sebagai tool of analysis; seperti matematika, statistik, logika, ushul fiqh.

Selain Pengertian mengenai Apa itu Ekonomi Islam, hal berikutnya yang perlu dibahas secara lebih mendalam ialah tentang Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Berikut prinsip dasarnya :

  • Seluruh sumber daya yang ada merupakan pemberian atau titipan Allah SWT kepada manusia.
  • Islam mengakui milik pribadi atau kepemilikan seseorang, namun pada batasan terakhir.
  • Dalam ekonomi Islam, penggerak utamanya merupakan kerja sama.
  • Ekonomi Islam melarang kekayaan yang dimiliki hanya oleh beberapa orang saja.
  • Ekonomi Islam menganjurkan tentang kepemilikan bersama atau kepemilikan masyarakat. Kepemilikan masyarakat ditujukan untuk kepentingan banyak orang.
  • Seorang muslim harus taat kepada Allah SWT.
  • Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas atau melewati nisab.
  • Prinsip dasar yang terakhir ialah, Islam melarang riba dalam segala bentuk.

Demikian beberapa pengertian maupun Prinsip Dasar mengenai Ekonomi Islam. Intinya, “baiklah” dalam melakukan kegiatan Ekonomi, atau sesuai dengan ilmu – ilmu Ekonomi Islam yang sudah dipaparkan.

Related Post to Pengertian Ekonomi Islam Menurut Para Ahli