Pengertian DNS, Fungsi DNS dan Kelebihan serta Kekurangannya

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. Bagi para pelaku di dunia website dan blogging pastinya sudah sangat akrab dengan istilah DNS ini. Setiap halaman website ataupun blog biasanya akan memiliki satu buah nama domain yang unik dan berbeda dari nama domain lainnya. Sebuah nama domain biasanya hanya ada satu di seluruh penjuru dunia. Lantas apa sih sebenarnya arti DNS yang sebenarnya? Apa saja fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari penggunaan DNS di jaringan internet?

Pengertian DNS

Seperti yang telah diungkapkan di penjelasan di atas, DNS merupakan singkatan dari Domain Name Sistem. Jika dipenggal dan diartikan kata per kata, maka DNS terdiri dari kata Domain yang artinya wilayah ataupun daerah, kata Name yang artinya nama, dan System yang artinya sistem. Jika DNS diartikan berdasarkan arti dari setiap kata yang ada di dalamnya, maka DNS dapat diartikan sebagai sistem penamaan wilayah ataupun daerah.

Jika diartikan secara lebih mendalam, maka DNS dapat diartikan sebagai sebuah sistem penamaan yang bekerja dengan jalan menterjemahkan IP Address (menjadi bentuk kata) untuk setiap website (situs internet) yang ada pada jaringan internet.

Fungsi DNS

Jika dipahami dari pengertian DNS di atas, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai fungsi dari DNS itu sendiri. Fungsi dari DNS adalah sebagai sebuah sistem yang berguna untuk menamai halaman situs website ataupun blog yang ada di jaringan internet. Jika pada jaman dahulu sebelum DNS diaplikasikan setiap website ataupun halaman situs di internet harus menggunakan alamat IP yang panjang, maka dengan menggunakan sistem DNS, sebuah halaman website dapat dibuka dengan menggunakan kata/nama tertentu. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pengguna jaringan internet dalam mengingat nama/alamat sebuah website.

Kelebihan DNS

Berikut ini beberapa kelebihan dari sistem DNS yang diaplikasikan pada jaringan internet :

  • DNS membuat halaman situs (baik website ataupun blog) menjadi lebih mudah untuk dihafalkan.
  • DNS mudah untuk dikonfigurasi oleh admin.
  • Konsistensi, dengan menggunakan DNS, alamat host name menjadi tidak berubah meskipun IP Address yang digunakan pada sebuah komputer telah berubah.

Kekurangan DNS

Selain kelebihan di atas, DNS juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari penggunaan DNS :

  • User menjadi lebih terbatas dalam menggunakan berbagai macam nama untuk halaman situsnya.
  • DNS tergolong cukup sulit untuk diimplementasikan.
  • Nama DNS sangat terbatas (tidak dapat membuat banyak nama domain)

Itulah sedikit tulisan mengenai pengertian DNS dan kelebihan serta kekurangannya  pada jaringan komputer yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga  tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Post to Pengertian DNS, Fungsi DNS dan Kelebihan serta Kekurangannya