Pengertian Data Base dalam Internet dan Komputer

Kemajuan teknologi memberikan segala kemudahan bagi manusia. Meskipun tidak terlepas dari banyaknya dampak negatif tetapi manfaat teknologi hingga saat ini masih banyak digunakan secara global. Ditambah lagi dengan internet, akhirnya teknologi dengan kekuatannya sebagai salah satu medium berkomunikasi membuat tsunami of information terjadi. Bahkan jika anda memposting data atau informasi satu hingga dua kali dalam satu hati, anda termasuk donatur tsunami of information tersebut. Wah ternyata dampaknya sangat besar ya. Lalu jika informasi semakin membludak apa jadinya dengan sistem penyimpanan data? Anda tidak perlu khawatir karena profesional IT dapat menjelaskan solusi dan penjelasan sistem teknologi pengertian data base satu ini. Simak ulasan berikut ya.

Apa itu pengertian data base?

Secara sederhana, pengertian data base disebut sebagai gudang penyimpanan. Data base berisi kumpulan data yang dapat disusun secara sistematis dan otomatis sehingga dapat dioperasikan melalui perangkat lunak. Akhirnya, kumpulan data sistematis tersebut berubah menjadi informasi. Keberadaan basis data ini sangat penting karena merupakan basis dimana satu hingga jutaan data akan diolah lebih lanjut. Selain itu, fungsi basis data dapat digunakan untuk mengorganisir data hingga digunakan untuk mengupdate data yang cukup rumit bagi kalangan awam.

Seperti yang telah disebutkan pada pengertian di atas, kumpulan data tidak terlepas tanpa bantuan perangkat lunak lainnya. Untuk dapat melakukan proses transfer data diperlukan sistem manajemen basis data atau Data Base Management System (DBMS). Dengan DBMS, user dapat mengontrol data secara efisien dan mengatur jalannya akses ke basis data.  Sehingga jika terjadi kegagalan dalam mengakses data DBMS akan menanganinya.

Pembagian basis data menurut pengertian data base dibagi menjadi dua, yaitu basis data flat-file dan basis data relasional. Basis data flat-file cocok digunakan pada data berukuran kecil sehingga dalam penggunaannya dapat dirubah dengan mudah karena tersusun dari data yang telah disimpan. Namun sayangnya jika data yang ada terlalu kompleks. Akan menjadi sangat rumit. Kendala yang umumnya terjadi adalah corrupt data. Tidak jauh berbeda dengan basis flat-file, basis data relasional mempunyai struktur yang lebih baik karena data saling terhubung satu sama lainnya. Key dalam basis data relasional digunakan untuk membuat hubungan dua tabel atau lebih. Tidak heran, dengan kemudahan yang ditawarkan basis data relasional membuat basis data ini banyak digunakan oleh ahli IT.

Data base akan sangat penting untuk digunakan dalam suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan suatu data base akan mendorong terbentuknya suatu peyimpanan yang efektif bagi suatu data yang ada di perusahaan. Dengan menggunakan data base dalam suatu perusahaan, administrasi yang dilakukan akan menjadi lebih mudah. Hal ini akan memudahkan proses administrasi karena akan memisahkan antara data-data yang ada, seperti data karyawan dan data konsumen. Maka, tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang layak digunakan dalam perusahaan. Data yang terorganisasi dengan baik akan mendorong produktivitas suatu perusahaan juga. Oleh karenanya, perlu dipahami pengertian data base yang baik.

Related Post to Pengertian Data Base dalam Internet dan Komputer